Virus Corona Menyebar Lewat Hape Xiaomi: Hoax

screenshot

BANGKALAN, lingkarjatim.com – Ada dua postingan hoax seputar virus corona yang viral di Facebook dan twitter hari ini.

Pertama oleh pinapple, akun di facebook ini memosting himbauan yang memberitakan bahwa virus corona dapat ditularkan melalui server pada Handphone Xiaomi buatan China.

PERINGATAN DAN PERHATIAN KEPADA SELURUH OJOL BAHWA VIRUS CORONA SUDAH MENYEBAR KE HP XIAOMI KARENA HP XIAOMI DARI CINA. VIRUS DISEBAR MELALUI SERVER DAN DIKELUARKAN KE SPEAKER. MUNGKIN AKUN KALIAN PADA GAGU KARNA SUDAH TERJANGKIT VIRUS CORONA SEHINGGA SERVER TIDAK MASUK ORDERAN BISA DIGANTI HP NYA KE MEREK MITO ATAU ADVAN BUATAN INDONESIA SAJA TERIMAKASIH
SEBARKAN BERITA PENTING INI
SELAMATKAN DUNIA
SALAM SUNDA EMPIRE”.

Sekretaris Ditjen P2P Kemenkes RI Achmad Yurianto memastikan postingan itu hoax. Sebab virus corona tidak bisa hidup jika menempel di benda mati.

Baca Juga :  Khofifah Siapkan Ruang Isolasi di Tiga RS Bagi Penderita Virus Corona

Menurut Ketua Umum Ikatan Dokter Indonesia (IDI), dr. Daeng Mohammad Faqih, virus corona hanya bisa menular antar manusia lewat batuk dan bersin hingga lewat makanan tercemar air liur orang yang terinfeksi virus tersebut dan penularan virus corona juga dapat berasal dari hewan ke manusia.

Hoax kedua ada foto mayat bergelimpangan di jalan di Wuhan yang disebut sebagai korban virus corona. Padahal foto itu aslinya adalah sebuah aksi teatrikal untuk mengutuk kekejaman Nazi Jerman. (Redaksi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here