(HOAX) Aksi Suporter Liga Jerman Bersholawat

Video lama yang diupload ulang dan diberi caption tidak sesuai

BANGKALAN, lingkarjatim.com – Hari ini, 8 September 2019. Salah satu postingan viral di Twitter berasal dari akun @Mrmarshal_rama.

Ia memosting sebuah foto udara sebuah stadion yang menunjukkan ribuan suporter membuat konfigurasi kalimat bahasa berisi pujian kepada nabi Muhammad SAW.

Didominasi warga kuning, sekilas kostum itu mirip dengan kostum klub liga Jerman Borussia Dortmund.

Foto itu diberi caption: Masya Allah… ratusan ribu penonton liga Jerman, membuat konfigurasi untuk memuliakan nabi Muhammad SAW. Jerman adalah salah satu negara eropa yang terpesat perkembangan Islamnya karena dimotori oleh Ustaz Pierre Vogel seorang mualaf setempat.

Entah apa tujuan dan motif dibalik postingan itu. Yang pasti pegiat ‘anti hoax’ menelusuri kebenaran postingan itu. Dari berbagai sumber berita juga tayangan video di YouTube. Postingan itu dinyatakan: salah alias HOAX.

Situs olahraga Bola.com pernah memuat aksi memukau itu pada Feb 2015: aksi itu benar namun bukan di liga Jerman. Berikut kutipannya.

Terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad

“Dalam sebuah video yang diunggah di Youtube, terlihat puluhan ribu suporter Al Ittihad meneriakkan pujian kepada Nabi Muhammad. Mereka kompak menyanyikan lagu terkenal ‘Tala Al Badru’ Alayna’ yang konon dinyanyikan Sahabat Nabi saat kedatangan Nabi Muhammad ke Madinah dari Makkah. Selain itu para fans juga melakukan koreografi membentuk tulisan حبيبي يا رسول الله yang berarti ‘Oh Rasulullah, kekasihku’ dengan warna kuning dan hitam sesuai dengan warna klub kesayangan mereka”. (Tim lingkar Jatim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here