Terpilih Lima Komisioner Bawaslu Sampang Baru, Ini Harapan Masyarakat

Pengumuman nama-nama Komisioner Bawaslu Sampang

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Terpilihnya lima komisioner Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Sampang periode 2018-2023 menjadi harapan baru kualitas dan integritas pengawasan pemilu 2019 di Kabupaten Sampang.

Bawaslu Republik Indonesia telah mengumumkan calon anggota Bawaslu Kabupaten/Kota masa jabatan 2018-2023. Pengumuman tersebut tertuang pada pengumuman resmi Bawaslu RI nomor : 0615/BAWASLU/SJ/HK.01.00/VIII/2018, tertanggal 13 Agustus 2018.

Berdasarkan sumber dari halaman resmi bawaslu.go.id, nama-nama calon anggota Bawaslu Kabupaten Sampang sebagai berikut: Suhariyanto, S.Sos, Yunus Ali Ghafi, S. Sos, Insiyatun, S.HI, Luddin, S.Pd.I dan Muhalli, S.HI., MH.

Abd Aziz Agus Priyanto ketua forum gardu demokrasi (FGD) mengatakan terpilihnya 5 besar anggota Bawaslu Sampang ini merupakan orang-orang hebat dan pilihan serta calon Penegak, Pengawal Pemilu dan Demokrasi kedepan.

“Namun sayang atas terpilihnya mereka ekspektasi publik dan masyarakat pada umumnya tidak seiring dan sejalan dengan tim seleksi dan finalisasi yang diputuskan Bawaslu Jatim dan Bawaslu RI,” ujarnya, Selasa (14/8/2018).

Terlepas dari ekpektasi publik itu lanjutnya, mudah-mudahan lima komisioner yang terpilih benar-benar bisa mengemban amanah, karena akan berkaitan dengan nasib peserta pemilu person to person caleg yang berangkat dari partai politik.

Dikatakan Aziz, pengalaman pelaksanaan Pilkada Sampang beberapa waktu lalu menjadi catatan tersendiri, bagaimana Pawaskab Sampang yang saat ini menjadi Bawaslu mengeluarkan surat permohonan ke KPU sampang bukan surat rekomendasi.

“Hal itu menjadi evaluasi bagi internal kedepan. Oleh sebab itu, sinergisitas antara penyelenggara pemilu di internal dan eksternal harus ditingkatkan, karena ingatan publik hingga saat ini masih belum lupa,” imbuhnya.

Berdasarkan informasi yang dihimpun,  pelantikan dan pengambilan sumpah/janji anggota Bawasku Kabupaten/kota Seluruh Indonesia akan dilakukan pada Selasa 14 Agustus 2018 (Gladi Bersih), Rabu 15 Agustus 2018 (Pelantikan dan pengambilan sumpah/janji). (Hol/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here