Survei Prediksi Partai Koalisi Jokowi Sapu Bersih Semua Kursi DPR di Jatim I

Direktur Eksekutif SCG, Didik Prasetiyono

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Lembaga riset politik Surabaya Consulting Group (SCG) telah merampungkan hasil survei pemilu legislatif (Pileg) di daerah pemilihan (Dapil) Jawa Timur I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Hasilnya, partai politik (parpol) koalisi pendukung 01 Joko Widodo-Ma’ruf Amin sapu bersih semua kursi DPR RI.

“Di dapil Jatim I ini, tingginya elektabilitas Jokowi yang mencapai 77,69 persen, telah memengaruhi dan berdampak positif terhadap perolehan parpol-parpol yang diidentifikasi sebagai pendukung Jokowi,” ujar Direktur Eksekutif SCG, Didik Prasetiyono, saat merilis hasil survei Pileg 2019 di Surabaya, Kamis (11/4/2019).

Di Dapil Jatim I, lanjut Didik, ada 10 kursi yang diperebutkan parpol peserta Pemilu 2019. Namun, 10 kursi DPR RI itu diprediksi terdistribusi ke lima partai, yaitu PDIP, PKB, Gerindra, NasDem, dan Golkar.

Berdasarkan survei SCG, PDIP mengunci tingkat elektabilitas tertinggi sebesar 35,96 persen, disusul PKB 13,65 persen, Gerindra 6,73 persen, Golkar 3,85 persen, dan NasDem 3,46 persen. Kemudian Demokrat 2,69 persen, PAN 2,69 persen, dan PPP 1,15 persen. Partai-partai lain mendapat di bawah 1 persen. Sedangkan undecided voters masih tinggi, yaitu 26,73 persen.

“Setelah hasil survei dikonversi ke metode perhitungan terbaru Sainte Lague, dengan menghilangkan variabel undecided voters, dari 10 kursi DPR, lima kursi menjadi milik PDIP, dua kursi untuk PKB, masing-masing satu kursi untuk Gerindra, NasDem, dan Golkar,” kata Didik.

Kata Didik, ada beberapa poin penting dari hasil survei SCG tersebut. Antara lain, keberhasilan PDIP yang merajai hingga merebut lima kursi, meningkat pesat dibanding pemilu 2014 sebesar tiga kursi. “Ini wajar, karena dapil ini terutama Surabaya adalah kandang banteng (basis PDIP). Capaian PDIP ini juga tidak terlepas dari efek Jokowi serta perubahan sistem penghitungan dari BPP (Bilangan Pembagi Pemilihan) menjadi Sainte Lague yang menguntungkan partai bersuara besar,” katanya.

Poin kedua, tidak terpilihnya caleg dari sejumlah parpol incumbent DPR, seperti dari Demokrat, PKS, dan PAN. Menurut Didik, ini imbas negatif tingginya suara pemilih Jokowi, yang tentunya akan memilih partai pendukung Jokowi. Selain itu, sistem penghitungan Sainte Lague turut membuat caleg partai-partai tersebut tersisih. “Sehingga parpol koalisi nyaris sapu bersih semua kursi DPR RI di dapil Jatim I,” ujarnya.

Survei tersebut digelar 18-24 Maret 2019. Jumlah responden 520 orang dengan metode multistage random sampling. Survei ini memiliki margin of error 2,45 persen pada tingkat kepercayaan 98 persen. Pembiayaan dari dana internal SCG. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here