Kunjungi Jatim, Jusuf Kalla dan Mba Moen Akan Perkuat Kemenangan Jokowi

Ketua TKD Jatim, Machfud Arifin

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Ketua Dewan Pengarah Tim Kampanye Nasional (TKN) Jokowi-Ma’ruf Amin, Jusuf Kalla (JK), dijadwalkan berkunjung ke Surabaya, Sabtu (23/2/2019). Ini salah satu upaya Tim Kampanye Daerah (TKD) Jawa Timur memperkuat untuk memenangkan Jokowi-Ma’ruf di Jatim.

“Selain Pak JK, KH. Maimoen Zubair dari Sarang Rembang juga akan hadir Sabtu besok, di Hotel Wuydham Surabaya. Kehadiran beliau untuk penguatan pemenangan pasangan 01 di Jatim supaya bisa menang tebal,” kata Ketua TKD Jatim, Machfud Arifin, di Posko TKD Jatim, di Surabaya, Jumat (22/2/2019).

Machfud tak banyak komentar terkait acara pada Sabtu besok. Ia hanya menegaskan bahwa kehadiran JK dan Mbah Mun (sapaan akrab KH Maimoen Zubair), kemenangan di Jatim bisa dipertebal, agar bisa menutup kekalahan tipis pasangan 01 di daerah lain, seperti di Sumatera Barat, Pulau Bangka dan lainnya.

“Provinsi di luar Jawa itu setara dengan kabupaten di Jatim, jadi kalau kita menang besar di Jatim, tentu bisa menutupnya,” kata Machfud.

Mantan Kapolda Jatim itu optimistis Jokowi-Ma’ruf bakal menang telak di Jatim. Kata Machfud, kemenangan pasangan Khofifah Indar Parawansa-Emil Elistianto Dardak pada Pilgub Jatim 2018 lalu, menjadi angin segar bagi pasangan Jokowi-Ma’ruf.

“Kekuatan TKD Jatim menjadi strong (kuat) karena Gubernur Jatim sebelumnya yakni Soekarwo juga mendukung pasangan 01, dan guebrnur yang baru juga mendukung pasangan 01,” kata Machfud.

Di singgung soal peta dukungan di Jatim pada Pilpres 2019, dengan lugas Machfud menyatakan sangat berbeda dengan Pilpres lima tahun lalu. Dimana pasangan Jokowi-Jusuf Kalla mengalami kekalahan di 14 kabupaten/kota di Jatim. “Daerah-daerah yang Pak Jokowi dulu kalah, sekarang hampir pasti bakal menang. Tinggal beberapa daerah yang perlu penguatan supaya bisa menang lebih tebal,” ujarnya.

Beberapa daerah di Jatim yang mengalami kekalahan di Pilpres 2014, yakni empat kabupaten di Pulau Madura (Sumenep, Pamekasan, Sampang, dan Bangkalan). Kemudian Kabupaten Gresik, Lamongan, Bojonegoro, Bondowoso, Situbondo dan Pacitan. 

“Untuk sekarang ini, di Madura tinggal Pamekasan dan Sumenep, tapi sudah mulai mengarah ke kita. Begitu juga dengan Pacitan progresnya juga baik karena Pakde Karwo ikut mendukung Jokowi-Ma’ruf,” kata Machfud.

Karena itu, Machfud mengajak kepada seluruh masyarakat yang memiliki hak pilih, supaya menggunakan hak pilihnya dengan baik. Sebab, kata Machfud, satu suara pemilih akan sangat menentukan untuk perjalanan bangsa dan negara untuk lima tahun kedepan.

“Mulai sekarang pastikan, apakah sudah terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT). Caranya mudah, tinggal download saja aplikasi www.kpuri2019.go.id dengan memasukkan NIK (Nomor Induk Kependudukan) nanti akan terlihat masuk di TPS berapa, desa apa dan lain sebagainya,” kata Machfud. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here