KPU Surabaya Telah Diterima Logistik 1,7 Juta Surat Suara

Ilustrasi Pemilu

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya sudah menerima sebagian logistik untuk kebutuhan Pemilihan Umum (Pemilu) 2019. Salah satunya surat suara untuk pemilihan legislatif (Pileg) tingkat DPRD Kota Surabaya.

“Untuk saat ini, KPU Kota Surabaya baru menerima surat suara Pileg tingkat Kota Surabaya, jumlahnya sekitar 1.711.745 surat suara,” kata Devisi Teknis KPU Kota Surabaya, Miftakhul Gufron, dikonfirmasi, Selasa (26/2/2019).

Sementara surat suara untuk tingkat DPRD Jatim, DPR RI, DPD RI, dan Pilpres masih belum dalam proses dicetak oleh PT. Temprina Media Grafika, di Kabupaten Gresik. Nantinya, surat suara tersebut akan dikirim secara bertahap.

“Hari ini, rencana pihak percetakan masih proses pengiriman surat suara DPRD untuk tingkat Provinsi,” kata Gufron.

Setelah KPU Kota Surabaya menerima surat suara tersebut, lanjut Gufron, surat suara tersebut akan disimpan di gudang dikawasan Nambangan, Surabaya. “Surat suara itu aman terkendali. Untuk pengamanannya, kami sudah koordinasi dengan Polres Pelabuhan Tanjung Perak, Babinsa, Satpol PP dan TNI,” katanya.

Gufron mengatakan, total ada enam perlengkapan logistik untuk Pemilu 2019, yaitu kotak suara, bilik suara, tinta, alat coblosan, segel untuk kotak suara, dan surat suara. Dari jumlah itu, hanya dua logistik yang belum diterima oleh KPU Kota Surabaya, yakni surat suara dan segel.

“Untuk kotak suara total sebanyak 41.772, bilik suara sebanyak 32.584, alat coblos 32584, dan 16.292 botol tinta. Sementara surat suara baru tingkat DPRD Kota Surabaya, sedangkan alat segel juga masih belum,” kata Gufron. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here