Isu Pengganti Sekda Bondowoso Mulai Memanas

foto : Sekda Bondowoso Drs. Hidayat, M. Si

BONDOWOSO, Lingkarjatim.com – Pergantian Sekretaris Daerah (Sekda) Pemerintah Kabupaten Bondowoso mulai memanas. Pasalnya, Hidayat sebagai Sekda saat ini berencana akan mencalonkan bupati Bondowoso. Nama-nama calon sekda pun mulai mencuat.

Sihul Hufa, Sekretaris Jaring Kawal Jawa Timur, (Jaka Jatim) Korda Bondowoso mengungkapkan, jika sekda saat ini bersungguh-sungguh untuk mencalonkan bupati atau wakil bupati dalam pilkada tahun depan maka segara mengundurkan diri dari jabatannya. “Kami berharap sekda ini segera memperjelas keputusannya,” ungkapnya.

Dia menambahkan, pihaknya melihat bahwa jika sekda yang saat ini dijabat oleh Hidayat tersebut mengudnurkan diri maka sudah banyak para kandidat sekda yang akan menggantinya. “Jika Pak Sekda maju baik sebagai bakal calon Bupati maupun bakal calon wakil Bupati, maka ada beberapa nama yang layak menjadi Sekda, diantaranya Wahyudi Triatmadji, Kepala Inspektorat, Harimas,  Sekretaris DPRD, Farida, dan ada juga Karna Suswandi, Kepala Dinas PUPR, Asisten 1 Agung Trihandono,” tambahnya.

Namun demikian, nantinya mereka harus tetap mengikuti proses dan atau mekanisme untuk menuju kursi Sekda sebagaimana diatur dalam aturan perundangan. Menurut Hufa, seluruh bakal calon kandidat tersebut memiliki reputasi yang cukup baik ditingkat birokrasi. Namun demikian, posisi Sekda yang paling memungkinkan Harimas, Wahyudi Triatmadji, dan Karna Suswandi.

“Harimas memiliki kemampuan dalam membangun komunikasi. Ia mampu mencairkan suasana yang sudah mengkristal sekalipun. Ia mampu berkomunikasi tidak hanya di kalangan birokrasi melainkan juga dengan kalangan politisi. Jika Sekda jatuh ke tangan Harimas, maka gejolak politik yang akan muncul akibat duet ini cenderung lebih ringan bahkan bisa diatasi dengan baik,” ujar

Sementara itu, Wahyudi Triatmadji adalah sosok birokrat yang sudah tidak diragukan lagi kemampuannya. “Pak Wahudi tidak memiliki resistensi yang tinggi. Wahyudi adalah jalan tengah yang paling tepat sebagai pilihan dalam kondisi politik yang karut marut, selain itu, kemampuannya dibirokrasi juga sudah tidak bisa diragukan,”katanya.
Tetapi, lanjut Huda, jika Karna Suswandi, yang menduduki Sekda, maka gejolak politik di Kabupaten Bondowoso tentu sangat liar, namun demikian hal itu justru akan semakin memperkuat posisi nilai tawar,” jelasnya.

Akan tetapi jika Sekda Hidayat, tidak maju sebagai bacawabup, maka Sekda Hidayat masih lama menjabat hingga April 2019. Namun, berdasarkan bocoran, duet Sekda dengan Ketua DPRD Bodowoso ini sudah mendapatkan restu dari sejumlah kalangan. “PKB mungkin banyak yang tidak menghendaki, karena nama sekda tidak ada dalam pembicaraan di internal PKB, tetapi di internal PKB, nama Sekda begitu mengakar, bahkan sejumlha tokoh selalu mengenalkan dia ke sejumlah kades dalam beberapa kegiatan,” katanya. (lis/nir)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here