Imbangi Perolehan Kursi DPRD Sampang, Demokrat Akui Gerindra Lebih Perkasa

Ilustrasi

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Berhasil mengemas lima kursi dalam kontestasi politik parlemen Kabupaten Sampang, Partai Demokrat dan Gerindra diproyeksi mampu menghangatkan bursa calon Wakil Ketua III DPRD setempat. Sayangnya, pamor partai besutan Susilo Bambang Yudhoyono tidak mampu bersaing lebih jauh akibat kalah perolehan total suara.

“Memang kami (Demokrat dan Gerindra, red) sama-sama memperoleh lima kursi pada Pileg 2019, tapi dari total suara kami masih kalah,” kata Ketua DPC Partai Demokrat Kabupaten Sampang, Abdus Salam, Jumat (26/7/2019).

“Ini artinya untuk kursi Wakil Ketua III besar kemungkinan dikuasai Gerindra,” timpalnya.

Dikatakannya, kegagalan meraih suara penuh dalam Pileg lalu, tidak lepas dari mesin partai dibeberapa Dapil yang kurang berjalan maksimal, alhasil berpengaruh terhadap perolehan suara untuk meraih kursi Wakil Ketua III.

“Dapil VI saya akui kurang maksimal, bahkan kami tidak mampu meraih kursi di Dapil itu,” tambahnya.

Namun demikian, pihaknya mengaku tetap optimis untuk menduduki Ketua Komisi lima tahun kedepan, bahkan akan melakukan konsolidasi dengan partai lain untuk membentuk koalisi mendapatkan kursi kelengkapan lainnya.

Sementara itu. Fauzan Adima Sekretaris DPC Partai Gerindra Kabupaten Sampang optimis mengunci kursi Wakil Ketua III DPRD Sampang untuk periode 2019-2024 mendatang. Pihaknya menyakini mengungguli pesaing terdekatnya. Namun pihaknya mengaku masih menunggu keputusan Mahkamah Konstitiusi (MK) soal sengketa perolehan suara di Dapil III yang kini dalam proses persidangan.

“Kalau Golkar menang berarti akan mendapatkan tambahan satu kursi menjadi lima, artinya calon Wakil Ketua III masih terbuka lebar,” katanya.

“Tapi informasi yang ada, meskipun Golkar mendapat tambahan kursi, untuk perolehan suara masih dibawah Gerindra,” tandasnya.

Berikut perkiraan perolehan kursi DPRD Kabupaten Sampang periode 2019-2024.

  1. Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) 7 kursi.
  2. Partai Persatuan Pembangunan (PPP) 7 kursi.
  3. Partai NasDem 6 kursi.
  4. Partai Gerindra 5 kursi.
  5. Partai Demokrat 5 kursi.
  6. Partai Golongan Karya (Golkar) 4 kursi.
  7. Partai Keadilan Sejahtera (PKS) 3 kursi.
  8. Partai Amanat Nasional (PAN) 3 kursi.
  9. PDI-Perjuangan 2 kursi.
  10. Partai Hanura 2 kursi.
  11. Partai Bulan Bintang 1 kursi.

(Hyd/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here