Ahmad Dhani dan Sederet Artis Dipastikan Gagal ke Senayan

Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, saat merilis prolehan kursi DPR RI dapil Jatim I di Surabaya

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Calon legislatif (caleg) artis tampaknya kurang diminati masyarakat di daerah pemilihan (dapil) Jawa Timur I yang meliputi Surabaya-Sidoarjo. Berdasarkan data dari Surabaya Consulting Group (SCG) Research and Consulting, Ahmad Dhani Prasetyo dan sederet artis lainnya gagal duduk di Senayan.

“Rupanya caleg-caleg artis belum memperoleh kepercayaan di Jatim I. Selain Dhani, ada sejumlah nama caleg artis yang diprediksi gagal adalah Andre Hehanussa, Manohara Odelia, dan Sundari Soekotjo,” kata Direktur SCG Research and Consulting, Didik Prasetiyono, saat merilis prolehan kursi DPR RI dapil Jatim I di Surabaya, Jumat (3/5/2019).

Didik menjelaskan, kuota 10 kursi DPR RI di dapil Jatim I (Surabaya-Sidoarjo) dipastikan dimenangkan 10 caleg dari enam partai politik (parpol), yakni PDIP, PKB, Gerindra, Golkar, PAN dan PKS. Adapun 10 caleg itu adalah tiga dari PDIP yakni Bambang DH, Puti Guntur Soekarno, dan Indah Kurniati. 

Kemudian dua kursi caleg PKB Syaikhul Islam, dan Arzeti Bilbina dan Fandi Utomo masih bersaing ketat. “Kedua nama caleg dari PKB ini masih berebut hingga 100 persen data masuk dalam penghitungan KPU,” kata Didik.

Sedangkan satu kursi masing-masing untuk Partai Gerindra, Golkar, PKS, dan PAN, serta satu lagi masih terbuka diperebutkan NasDem dan Demokrat. Satu kursi Golkar bisa dipastikan diduduki oleh Adies Kadir, Sigit Sosiantomo (PKS), sedangkan satu kursi Gerindra masih diperebutkan Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo. Demikian juga dengan PAN diperebutkan Sungkono dan Sunartoyo.

“Satu kursi untuk Gerindra, PKB, dan PAN, masih ada ruang perebutan yang cukup seru mengingat di antara caleg yang bersaing marjin suaranya tidak cukup tebal. Lain halnya dengan PDIP, Golkar, dan PKS, ruang perebutan bisa dikatakan sudah selesai selisih suaranya jauh. Sementara NasDem dan Demokrat masih memperebutkan satu kursi terakhir, menunggu rekapitulasi 100 persen KPU,” ujarnya.

Menurut Didik, prolehan suara partai dalam Pemilu 2019 kali ini relatif sama dari Pemilu 2014. Pada Pemilu 2014, Kursi Dapil Jatim 1 dimenangkan oleh PDIP 24,66 persen (3 Kursi), PKB 19,12 persen (2 Kursi), Gerindra 12,42 persen (1 Kursi), Demokrat 9,24 persen (1 Kursi), PAN 9,74 persen (1 Kursi), Golkar 6,63 persen (1 Kursi), dan PKS 5,09 persen (1 Kursi).

“Peta politik berdasar perolehan kursi di DPR RI Dapil Jatim Inini, hasil rekapitulasi SCG per Kamis, 2 Mei kemarin. Ahmad Dhani yang sebelumnya ditengarai lolos, ternyata berada di kisaran 35 ribu suara, jauh di bawah Rahmat Muhajirin dan Bambang Haryo yang memperoleh 50 ribu suara lebih, yang keduanya kini bersaing ketat untuk mendapat 1 kursi dari Gerindra,” kata Didik.

SCG Research and Consulting merilis prediksi 10 kursi DPR RI untuk daerah pemilihan Jawa Timur I yang meliputi Surabaya dan Sidoarjo. Perolehan itu berdasarkan data real count TPS yang direkapituliasi oleh Tim SCG dari Kelurahan/Desa dan Kecamatan di Surabaya-Sidoarjo yang telah mencapai 87 persen input TPS pada Kamis, 2 Mei 2019.

“Ini berdasarkan konversi kursi dengan metode Sainte Lague. Tim kami bergerak ke seluruh kelurahan/desa dan kecamatan di Surabaya dan Sidoarjo,” kata Didik. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here