Dolomani, Baju Adat Buton yang Dipakai Jokowi di HUT Ke-77 RI

JAKARTA, LingkarJatim.com- Orang nomor satu di Indonesia, Presiden Joko Widodo mengenakan pakaian adat dari Buton, Sulawesi Tenggara, saat menjadi inspektur upacara peringatan detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-77 RI di Istana Merdeka, Jakarta, Rabu (17/8/2022).

Pakaian adat tersebut terdiri dari baju, celana panjang, sarung, dan kopiah yang didominasi warna merah.

“Ini baju dari Buton, Sulawesi Tenggara. Ini baju dolomani dari Buton”, ucap Jokowi kepada wartawan. Seperti yang telah sebelumnya di tulis di Media Kompas.com.

“Maknanya dicari ke Buton”, lanjut Jokowi sambil berseloroh saat ditanya maksud dari pemilihan busana adat tersebut.

Adapun Upacara Peringatan Detik-detik Proklamasi dalam rangka HUT ke-77 Kemerdekaan Republik Indonesia di Halaman Istana Merdeka itu akan dimulai sekitar pukul 09.00 WIB.

Upacara akan dipimpin langsung oleh Presiden Joko Widodo selaku inspektur upacara, seperti sebagaimana diketahui, pada tahun ini pihak Istana kembali membuka kesempatan bagi masyarakat umum untuk dapat ikut dalam upacara peringatan HUT ke-77 RI di Istana Merdeka.

Kemudian, untuk upacara penurunan bendera negara Sang Merah Putih pada Rabu sore, akan ada sekitar 2.000 warga yang hadir, namun untuk upacara pagi hari tadi, ada sekitar 3.000 warga yang hadir.

Leave a Comment