Atasi Masalah Kemiskinan, Kemensos Gandeng Ribuan Mahasiswa

NASIONAL, Lingkarjatim.com – Kementerian Sosial (Kemensos) Republik Indonesia menggandeng sekitar 5.140 mahasiswa untuk membantu Kemensos menyelesaikan masalah kemiskinan di Indonesia.

Ribuan mahasiswa itu dilibatkan dalam program Kampus Merdeka Pejuang Muda. Mereka akan membantu Kemensos untuk mendata maupun memverifikasi data penerima bantuan sosial di tempat yang ditugaskan.

Teknisnya, para mahasiswa akan mengerjakan program selama satu semester penuh atau setara dengan 20 SKS. Selama mengikuti Program Kampus Merdeka Pejuang Muda, para peserta tak diwajibkan mengikuti perkuliahan lantaran diganti dengan program kerja.

“Ada empat pilihan mereka di bidang bansos, pemberdayaan, lingkungan, ada juga fasilitas lingkungan. Fasilitas lingkungan menjadi penting. Mereka boleh memilih,” ujar Mensos, Risma seperti dikutip dari Liputan6.com, Jumat (15/10/2021).

“Ini bekerja sama dengan Dikbud dan Kemenag dengan Program Kampus Merdeka mereka diberikan 20 SKS dalam waktu 1 semester,” lanjut Risma.

Risma mengaku pihaknya mengalokasikan Rp 178 miliar untuk membiayai program Kampus Merdeka Pejuang Muda tersebut.

Anggaran itu didapat dari refocusing anggaran untuk pendataan keluarga miskin yang kini perannya bakal dilakukan oleh para mahasiswa peserta program tersebut.

“Anggarannya dari Kementerian Sosial, jadi dulu ini anggaran untuk pendataan, nah ini kita lakukan refocusing dan kemudian kita lakukan evaluasi para mahasiswa sekaligus memperbaiki data. Nanti buat program untuk pengentasan kemiskinan,” ujar dia. (Moh Iksan)

Leave a Comment