Pelaku UMKM Diminta Optimalkan Manfaat QRIS

Caption Foto: saat acara sosialisasi layanan keuangan digital

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Anggota DPR RI Indah Kurnia, meminta semua para pelaku Usaha, Mikro, dan Kecil, Menengah (UMKM) harus memiliki Quick Response Code Indonesian Standard (QRIS). Pasalnya, QRIS dinilai sangat bermanfaat dalam proses transaksi keuangan.

“Semua UMKM harus segera memiliki QRIS, sebab QRIS sangat bermanfaat dalam proses transaksi keuangan”. Demikian himbauan Indah Kurnia, Anggota DPR RI dalam sambutannya secara virtual, pada acara Sosialisasi Layanan Keuangan Digital, di hotel Neo Sidoarjo, Jumat (26/03/2021

Sosialisasi yang dilaksanakan ini dihadiri oleh para pelaku UMKM serta beberapa awak media dari Kabupaten Sidoarjo. Selain itu banyak pula masyarakat umum yang mengikuti secara virtual melalui aplikasi zoom.

Narasumber dalam acara tersebut, Rholy Satrio Utomo, Asisten Manajer Kantor Perwakilan Bank Indonesia Jawa Timur. Menyampaikan bahwa salah satu keuntungan menggunakan QRIS adalah, para pelaku UMKM bisa mendapatkan portofolio dari setiap transaksi tanpa perlu mecatatkannya secara manual.

“Hal ini penting bagi UMKM yang berkeinginan untuk mengakses permodalan ke Bank,” papar Rholy

Lanjut Rholy, untuk menggunakan QRIS para pelaku UMKM tidak memerlukan dukungan perangkat Smartphone dengan spesifikasi tinggi, sebab QRIS bukanlah sebuah aplikasi melainkan sebuah barcode.

“QRIS bukanlah sebuah aplikasi, melainkan sebuah kanal pembayaran berbentuk barcode yang menyatukan semua platform pembayaran digital,” tukasnya. (Imam Hambali)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here