Resep Rahasia Sambal Lorjuk Dari Mahasiswa Abdimas UTM

PAMEKASAN, lingkarjatim.com – Pademawu Timur merupakan sebuah desa yang berada di kecamatan Pademawu, Kabupaten Pamekasan yang terkenal sebagai desa penghasil lorjuk atau kerang bambu. Berbagai olahan mulai dari petis Madura, Rengginang Lorjuk, Nugget Lorjuk sampai kuliner campur lorjukpun berbahan dasar kerang ini.

Untuk mengembangkan potensi desa dan meningkatkan taraf hidup masyarakat, abdi masyarakat kelompok 56 memanfaatkan potensi desa Pademawu Timur dengan mengolah Lorjuk menjadi olahan sambal. Dengan terjun langsung ke pesisir, Abdimas kelompok 56 memperoleh Lorjuk langsung dari nelayan yang sedang mengais pasir seharga 10 ribu rupiah untuk satu wadah sabun colek.

Salah satu resep rahasia yang menjadikan sambal ini memiliki aroma khas Lorjuk ialah air rebusan Lorjuk yang dipercaya melesatkan makanan sehingga ketika dimasak, aroma sambal akan membius siapa saja yang menciumnya.

Baca Juga :  Mahasiswa Abdimas UTM Ajak Warga Bandungan Untuk Membuat Pudding Talas Lapis dan Kroket Singkong

Sosialisasi dan uji coba produk dilaksanakan di dusun Mangunan (04/01) desa setempat dengan antusias masyarakat yang cukup tinggi. Sosialisasi ini bertujuan untuk memperkenalkan Lorjuk kepada masyarakat supaya nantinya inovasi produk ini dapat dikembangkan dan menjadi salah satu ikon olahan desa Pademawu Timur.

Kordinator Desa Abdimas kelompok 56 selaku ketua kelompok berharap supaya Salopati, nama produk olahan sambal ini dapat dikenal masyarakat luas sehingga dapat meningkatkan taraf hidup masyarakat dan mengangkat nama desa Pademawu Timur di bidang kuliner. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here