Banyak Nakes Terpapar, Pemkab Bangkalan Dapat Bantuan 35 Personil

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangkalan mendapatkan bantuan tenaga kesehatan (Nakes) dari pemerintah pusat untuk penanganan covid-19 di Bangkalan.

Setidaknya ada sekitar 35 nakes yang akan diterjunkan ke Bangkalan, rinciannya 10 dokter dan 25 perawat. Rencananya bantuan nakes akan ditempatkan di 5 puskesmas.

Bantuan nakes itu diberikan setelah 76 nakes di Bangkalan dinyatakan terinfeksi sehingga pelayanan di dua puskesmas (puskesmas Arosbaya dan Tongguh) ditutup.

Kepala Dinkes Bangkalan Sudiyo mengatakan, dengan adanya bantuan nakes itu, pihaknya berencana akan membuka kembali pelayanan di dua puskesmas yang ditutup.

“Kami upayakan besok atau lusa sudah kami buka dan tenaga akan kami dropping dari pusat. Sebab kami telah minta bantuan dari pusat,” ujarnya.

Sementara itu, Direktur RSUD Syamrabu Bangkalan, dr Nunuk Kristiani mengatakan, meski dapat bantuan kekurangan nakes akibat tumbang terinfeksi covid-19 ini masih tinggi, sehingga pihaknya membuka rekrutmen relawan.

Dia mengatakan, sejauh ini sudah ada beberapa relawan perawat yang mendaftar. Meski belum memenuhi kuota yang dibutuhkan, pihaknya akan tetap membuka rekruitmen relawan perawat covid-19.

“Kemarin sudah ada 39 orang perawat yang masuk dan melayani pasien covid-19,” jelasnya.

Sementara untuk kebutuhannya, dr Nunuk menjelaskan, pihaknya membutuhkan sekitar 50 relawan. Kekurangan relawan ini sebab tidak semua perawat mau mengemban tugas menangani pasien covid-19.

“Para perawat ini sudah kami beritahu kalau tugasnya melayani pasien covid-19 dan harus tau konsekuensinya,” ucapnya. (Moh Iksan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here