Teknik Industri UTM Latih Emak-Emak UMKM Menggunakan e-Marketing

Pembukaan Pelatihan e-Marketing Oleh Prodi Teknik Industri Pada Ibu-ibu Kelompok UMKM

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Program Studi Teknik Industri, Fakultas Teknik Universitas Trunojoyo (UTM) melatih ibu-ibu kelompok UMKM Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan cara memasarkan produk melalui dunia maya, atau yang biaas disebut dengan e-Marketing pada Rabu (24/04).

Pelatihan tersebut merupakan bagian dari pengabdian kepada masyarakat. Adapun sasarannya adalah kelompok UMKM dengan berbagai produk terutama hasil olahan ikan. Bukan tanpa alasan, di Kecamatan Socah sangat berpotensi dalam hal produk pengolahan ikan, namun selama ini pemasarannya hanya disekitar Socah saja.

Dekan Fakultas Teknik, Prof. Dr. Rachmad Hidayat, M.T yang turut hadir dan membuka acara tersebut menyampaikan pentingnya e-Marketing di era saat ini “Sekarang ini jual beli tidak hanya dilakukan dipasar, atau harus punya toko, begitupun promosi produk tidak perlu lagi nyebar pamflet. Saat ini sudah data menggunakan teknologi internet, sehingga ibu-ibu tidak perlu punya toko atau ke pasar, Cukup duduk drumah, pengang handphone sudah bisa Jalan” Ujar pria yang baru menyandang gelar profesor terebut.

Dalam pelatihan tersebut, emak-emak selain dilatih strategi pemasaran juga dilatih cara menggunakan market place yang sudah ada. Menurut Iwan Santosa M.T yang bertindak sebagai pemateri dalam acara tersebut harapannya adalah kesejahteraan dan kemandirian UMKM “Harapan dari kegiatan ini mereka mampu meningkatkan penjualan dengan memperluas pasar, sehingga akan berdampak pula pada penghasilan dan kesejahteraan para pelaku UMKM” Ungkapnya, saat diwawancarai Lingkarjatim.com

Acara yang dilaksanakan di Laboratorium Teknologi Informasi tersebut diikuti 17 orang peserta yang berasal dari Kecamatan Socah, Kabupaten Bangkalan. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here