Pengelola Tol Akui E-tol Penyebab Macet di Pintu Tol Suramadu

Antrean Roda Empat di Depan Pintu Tol Jembatan Suramadu sisi Madura

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Macet kembali melanda pintu masuk Jembatan Suramadu sisi Madura, Minggu (14/1/2018). Hal itu kembali dikeluhkan oleh para penguna jalan yang hendak melintasi jembatan tersebut. Sebab, macet yang terjadi di pintu tol suramadu hingga berjam-jam.

Ramadhani salah satu pengguna jalan yang hendak melintasi jembatan suramadu menyebut penggunaan E-tol menjadi penyebab terjadinya macet panjang tersebut. Padahal, kata dia, sebelum diberlakukannya E-tol tidak pernah terjadi macet panjang.

“Kemarin waktu saya mau ke Surabaya macetnya sampai berjam-jam, saya ngantri dari pukul 12 sampai pukul 03.00. Tapi pemerintah dan pengelola tol seakan-akan membiarkan dan tidak mau mencari solusi,” singkatnya, Senin (15/1/2018).

Sementara itu, Kepala pengelola Tol Suramadu Mujiono membenarkan bahwa penyebab terjadinya macet di pintu masuk jembatan Suramadu lantaran diberlakukannya E-tol. “Peraturannya seluruh Tol di Indonesia itukan pembayarannya harus pakai kartu elektronik,” paparnya, Senin(15/1/2018).

Menurut dia, para pengguna jalan jembatan suramdu belum bisa menerima dan belum bisa memahami sehingga banyak pengguna jalan yang tidak memiliki kartu elektronik atau E-tol. “Yang membuat macet itu pengendara yang tidak memiliki E-tol,” katanya.

Saat ini kata dia, pihaknya sudah menyediakan penjualan kartu E-tol. Sehingga bagi para pengguna tol Suramadu yang tidak memiliki E-tol dapat membeli langsung di loket penjualan E-tol yang sudah disediakan. “Yang jual langsung dari pihak bank, kalau harganya standart mas, kalau yang kosong itu Rp 20 ribu harganya,” ucapnya.

Terpisah anggota Komisi C DPRD Bangkalan Fathurrosi mengatakan akan segera berkordinasi dengan Komisi A untuk memanggil pengelola Tol Suramadu. “Secepatnya kami akan panggil pihak pengelola untuk mecari solusi dari kemacetan yang tejadi,” tandasnya.

Sebab lanjut dia, selama ini pihak pengelola terkesan abai atas terjadinya macet di pintu masuk tol Suramadu sisi Madura. “Pengelola itu jangan buta dan tuli atas macet yang sering terjadi di pintu masuk tol Suramadu, harus cari solusi dong,” cetusnya.

sedangkan anggota komisi A DPRD Bangkalan Fadhurrosi mengatakan bahwa terjadinya macet di pintu masuk tol Suramadu bukan lantaran hari libur. Akan tetapi lanjut dia, ada faktor lain yang menjadi penyebab terjadinya kemacetan itu.

“Ini bukan karena hari libur, tapi saya rasa karena diberlakukannya E-tol dengan secara tiba-tiba, tidak ada kesiapan dari pemerintah, makanya sering terjadi macet, kami akan tunggu kordinasi komisi C,” ujarnya dengan singkat. (Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here