Mengasah Bakat, Siswa SD Assalam Bangkalan Ikut Fashion Show Kadin Fair 2017

Dua sisa SD Assalam Farah Gania Naila Putri dan Azza di dampingi kepala Sekolah Eva Al Batul (kanan) usai turun dari panggung. (Foto, Salim)

Lingkarjatim.comBangkalan – Dalam rangkaian acara Kadin Fair 2017, panitia acara menggelar Fashion Show untuk tingkatan Sekolah Dasar (SD) di Alun-alun kota Bangkalan, Kamis malam (13/04/2017. Tujuan diadakannya acara fashion show tersebut guna untuk mengangkat budaya lokal Madura utamanya Batik.

Salah satu kepala SD yang siswanya diikutsertakan dalam acara fashion show itu mengatakan, tujuan dari ikut serta dalam acara tersebut adalah untuk mengasah bakat siswa dan untuk memupuk rasa percaya diri siswa. “Jadi tujuan pertama bukan menang, karena yang lebih penting adalah memupuk rasa percaya diri siswa,” tutur Eva Al Batul kepala SD As Salam Bangkalan.

Dikatakannya, persiapan untuk mengikuti acara tersebut hanya membutuhkan waktu sekitar satu minggu saja. “Saya persiapan hanya sebentar karena memang saya yang dapat informasi kebetulan memang waktu itu,” ujar kepala sekolah yang terletak di Perum Nilam, Jl. Halim Perdana Kusuma, Mlajah, Kec. Bangkalan, Kabupaten Bangkalan itu.

Dijelaskannya, ada dua siswa yang di ikutsertakan dari sekolahnya. Keduanya dinilai mempunyai bakat dalam dunia fashion show. “Jadi kita pilih yang benar-benar punya bakat di fashion show, karena dari awal kita sudah bisa menilai kemampuan masing-masing siswa,” pungkasnya.

Azza (kiri) dan Farah Gania Naila Putri (kanan) kedua siswa SD Assalam saat beraksi di atas panggung Fashion Show Kadin Fair 2017 (foto, Salim)

Sementara itu Ketua Event Organizer (EO) G production, Rahman selaku penyelenggara Kadin Fair 2017 mengatakan Fashion Show tersebut bertujuan untuk mengangkat budaya lokal Madura, seperti kerajinan batik. “Supaya masyarakat tahu bahwa batik juga bisa digunakan sebagai tema yang menggambarkan budaya orang bangkalan,” ujarnya saat ditemui.

Dijelaskannya, ada sekitar 84 peserta dari sekitar 30 SD se Bangkalan yang mengikuti acara fashion show tersebut. Menurutnya untuk satu SD ada yang mengirim sampai 5 peserta. “Ini sebenarnya sudah malam kedua tadi malam itu tingkat TK, sekarang SD, besok malam tingkat SMP dan SMA,” imbuhnya.

Ditambahkannya, untuk pemenang panitia akan mengambil juara 1 sampai 3 untuk masing-masing tingkatan dan langsung di umumkan usai acara. Ada beberapa penilaian yang diterapkan juri seperti busana batik yang digunakan, cara memperagakan buasan dan intuisi. “Iya langsung di umumkan nanti tapi pemberian hadiah nanti di malam puncak, pada sabtu malam besok,” pungkasnya.

Reporter : Salim

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here