LSM Gerbangmas Aktif Kembali Kawal Pembangunan Bangkalan, Wabup: Pemerintah Harus Menyambut Baik

Katua Umum LSM Gerbangmas saat melakukan pengukuhan dan pelantikan pengurus 

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – LSM Gerakan Bangkalan Madura Sejahtera (Gerbangmas) yang sempat vakum kini kembali diaktifkan. Hal itu seiring dengan pengukuhan dan pelantikan yang dilakukan oleh Ketua Umum Gerbangmas RKH. Fachrillah Aschal, di Ponpes Syaichona Kholil Bangkalan terhadap 552 pengurus Gerbangmas.

Pelantikan dan pengukuhan tersebut digelar di Ponpes Syaichona Kholil, Selasa (25/9/2018). Tampak hadir dalam pelantikan itu Wakil Bupati Bangkalan, Mohni.

Dari 552 pengurus yang dilantik, adalah 37 sebagai pengurus pusat, 54 sebagai pengurus Korcam, 281 sebagai pengurus Kordes dan 180 pasukan Gerbangmas.

Menurut RKH. Fachrillah Aschal, diaktifkannya kembali LSM Gerbangmas Untuk merespon persoalan-persoalan yang ada dimasayarakat agar dapat ditampung, untuk kemudian disuarakan melalui lembaga ini kepada segenap pihak, khususnya Pemerintah Bangkalan.

“Terutama masalah ekonomi. Sekaligus bertujuan ikut mengawal pembangunan Bangkalan. Secara khusus kami bergerak di Bangkalan, secara umum di Madura,” katanya.

Oleh karena itu kata dia, pihaknya akan segera melakukan musyawarah kerja. Bahkan setelah itu pihaknya akan melakukan audiensi kepada Bupati beserta seluruh OPD.

“Nantinya audiensi yang akan kami lakukan untuk mensinergikan program,” ujar RKH Fachrillah saat ditemui di kediamannya.

Hal senada juga diungkapkan Ketua 1 LSM Gerbangmas RKH. Nasih Aschal, bahwa kehadiran Gerbangmas bertujuan untuk mengawal dan membantu proses percepatan pembangunan di Bangkalan, umumnya di Madura.

“Harapannya dalam membangun Bangkalan ini saling topang. Jadi kami siap mengawal semua program dari pemerintah Bangkalan,” ucapnya.

Begitu pula dengan apa yang  disampaikan Ketua II LSM Gerbangmas KH. Makki Nasir, bahwa pihaknya  akan mengawasi langsung pembangunan dan program-program Pemerintah Bangkalan dalam pendampingan.

Meskipun demikian lanjut dia, LSM Gerbangmas tidak serta merta bisa dikatakan tangan kanan pemerintah. Sebab, LSM ini hadir diawali atas dasar persoalan-persoalan yang ada di masyarakat.

“Terlepas dari pro dan kontra. Tidak ada istilah oposisi atau yang lain-lain. Ketika program dari pemerintah itu tidak baik, maka kami akan mecari solusi agar jadi baik,” cetusnya.

Sementara itu Wakil Bupati Bangkalan Mohni mengapresiasi keberadaan LSM Gerbangmas ini. Pasalnya, menurut dia, dengan adanya LSM ini, akan ada yang melakukan pengawalan terhadap pihaknya dalam membangun Bangkalan.

“Mengawal itu dalam artian bisa memberikan saran dan krirtik terhadap program-program pemerintah,” jelasnya.

Oleh sebab itu, mantan Kepala Dinas Pendidikan Bangkalan ini mangaku sangat yakin antara pihaknya dan LSM Gerbangmas akan bisa bersinergi.

“Karena tadi ketika pelantikan, seluruh pengurus Gerbangmas baik tingkat pusat, korcam, dan kordes menyatakan akan memperjuangkan kepentingan-kepentingan masyarakat. Seperti pengentasan kemiskinan,” terangnya.

Disamping itu ujar Mohni, komitmen LSM Gerbangmas yang akan senantiasa mengawal pembangunan infrastruktur, program pertanian, kesehatan, pendidikan dan seluruh program dari pemerintah daerah ini layak mendapatkan apresiasi.

“Jadi kami selaku pemerintah harus menyambut baik apa yang diputuskan oleh Gerbangmas ini,” pungkasnya. (Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here