Komunitas Public Speaking Bangkalan Gelar TOT

BANGKALAN, LingkarJatim.com- Komunitas Public speaking Bangkalan merupakan komunitas yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) yang ada di Bangkalan.

Komunitas Public speaking Bangkalan tersebut di deklarasikan pada tanggal 24 April 2022 lalu. Mahfud S. Pd, Alumni Kampus STKIP PGRI Bangkalan yang juga salah satu pendiri dari Komunitas Public Speaking Bangkalan, mengatakan banyak alasan, mengapa harus membangun Komunitas tersebut. Diantaranya adalah, untuk bisa belajar bersama terkait bagaimana bisa menggunakan bahasa degan baik dan benar di khalayak publik.

“Banyak alasan mengapa saya harus mendirikan Public Speaking Bangkalan ini, yang pertama memang kita ingin belajar terkait dengan ilmu komunikasi, ilmu pengembangan diri, dan kemudian bagaimana untuk bisa menggunakan bahasa dengan baik dan benar” ucap Mahfud.

Di samping itu Mahfud juga menjelaskan bahwa adanya Komunitas Publik Speaking tersebut, selain untuk belajar bersama, dan membangun pengembangan diri, ternyata juga untuk mewadahi orang-orang yang belajar lebih jauh tentang berkomunikasi.

“Kami ingin mewadahi teman-teman yang ingin berlajar komunikasi karena tidak bisa kita pungkiri bahwa banyak orang yang sudah mempunyai profesi mulai dari guru, dosen, pemimpin dan yang lainnya, yang masih banyak kurang efektif dalam menyampaikan materi/informasi yang di sampaikan kepada lawan bicaranya” lanjutnya.

“Sehingga dalam penyampaian informasi tersebut, sulit diterima oleh audien atau lawan bicaranya, ya mungkin karena cara penyampaiannya yang tidak sesuai dengan tehnik/metodenya, sehingga mengakibatkan Informasi atau ide yang disampaikan tidak bisa di cerna dengan baik oleh orang lain” imbuhnya.

Sementara itu, menginjak beberapa bulan kemudian, komunitas Public Speaking tersebut mengadakan kegiatan sebuah acara Training Of Trainer (TOT), adanya kegiatan tersebut tidak lain yang ternyata untuk pengembangan kemampuan berbicara secara sistematis, sekaligus untuk bisa membangun Personal Branding, serta mampu menemukan passion yang tepat dalam hidup.

“Setelah beberapa bulan kemudian kami dengan beberapa anggota merencanakan atau mengagendakan acara training of trainer (TOT) yang mana hal tersebut dilaksanakan pada bulan Juni Tepatnya Tanggal 5, 11, 19 ,26 dengan estimasi pembelajaran 6 Jam setiap pertemuan, dan acara ini juga dilaksanakan di Dinas Sosial Bangkalan yang mengangkat tema “Explore Your Mind & Be A Good Speaker” kata Ketua Public Speaking, dengan nada semangat.

Training Of Trainer (TOT) merupakan sebuah training yang fokus pada pengembangan kemampuan berbicara yang sistematis, sekaligus mengajak para peserta untuk membangun personal branding, serta bisa menemukan pasion yang tepat dalam hidup.

Adanya TOT tersebut bertujuan agar nantinya peserta berani dan mampu berbicara di depan umum dengan baik, dan sesuai dengan jargon dari Public Speaking Bangkalan yaitu “Be Brave, Be Aktive, Be Creative”, yang selain berani untuk berbicara, ternyata juga agar aktif dan creatif dalam penyampaian ide/gagasan serta informasi kepada orang lain.

Mahfud juga berharap adanya kegiatan tersebut bisa menambah ilmu dan bisa berkontribusi, serta mengabdi, dan juga bermaat terhada orang lain.

“Kami berharap dengan adanya TOT ini kita semakin bertambah ilmu kita, sehingga kita bisa berkontribusi, mengabdi dan selalu bermanfaat terhadap orang lain, aminnn” tutupnya. (Lut)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here