H-4 Idul Adha 2019, Disnak Bangkalan Tak Temukan Antraks pada Hewan Kurban

Tim pemeriksaan kesehatan hewan kurban disnak Bangkalan saat memeriksa hewan ternak di Pangeranan

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Menjelang hari raya Idul Adha 2019, Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bangkalan memeriksa hewan kurban di sejumlah peternakan di Kabupaten Bangkalan, Rabu (07/08/2019).

Pemeriksaan tersebut dilakukan untuk mengetahui kesehatan dan kelayakan hewan ternak untuk dijadikan hewan kurban nantinya.

Siti Sumirah Kepala Bidang Kesehatan Masyarakat Veteriner (Kabidkesmavet) Dinas Peternakan (Disnak) Kabupaten Bangkalan menyampaikan, pemeriksaan tersebut dilakukan sebagai bentuk pemantauan terhadap hewan ternak yang berpotensi dijadikan hewan kurban.

“Pemeriksaan ini sebagai pemantauan kami terhadap kesehatan dan kelayakan hewan ternak yang akan dijadikan hewan kurban natinya,” ungkapnya usai memeriksa sapi di Pangeranan.

Irah, sapaan akrabnya menambahkan, Pihaknya sudah melakukan pemeriksaan ke sejumlah daerah mulai H-7 Idul Adha.

“Kita melakukan pemeriksaan mulai H-7 lebaran. Kita sudah ke Galis dan ke Burneh, kemudian hari ini ke Pangeranan ini,” imbuhnya.

Ia juga menyampaikan, secara umum hewan ternak di Bangkalan sehat dan layak dijadikan hewan kurban. Meskipun ada sebagian yang terkena penyakit ringan.

“Hanya di Galis dan Burneh yang kita temukan kambing yang sakit mata dan diare, tetapi kita sudah atasi semua,” imbuhnya.

Terkait penyakit antraks, Sumirah menegaskan, di Madura khususnya di Bangkalan tidak ada indikasi penyakit antraks. Sejauh ini masih aman dari antraks. “Alhamdulillah untuk antraks, Bangkalan aman,” tegasnya. (Iks/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here