Gubernur Jatim Terpilih Ajak Bupati Bangkalan Terpilih Benahi Pendidikan di Bangkalan

Khofifah Indar Parawansa saat menghadiri acara tasyakkuran

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Gubernur Jawa Timur terpilih Khofifah Indar Parawansa mengajak Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan terpilih, Abdul Latif Amin Imron-Mohni, untuk membangun satu komitmen dalam membenahi pendidikan di Kabupaten Bangkalan yang sudah mulaii krisis moral.

Hal itu ia sampaikan saat memberikan sambutan pada acara tasyakkuran yang digelar Bupati dan Wakil Bupati Bangkalan terpilih di gedung Rato Ebuh Bangkalan, Senin (20/8/2018).

“Mari kita lihat kondisi guru-guru agama islam terutama di SMP-SMP Negeri. SMP-SMP Negeri ini merupakan tanggung jawab pak Bupati. Karena ada moratorium PNS, maka guru-guru agama di SMP-SMP negeri rata-rata 20 sampai 25 persen saja yang tersisa,” kata Khofifah dalam sambutannya.

Khofifah bercerita bahwa guru-guru SMP negeri dari mata pelajaran agama islam bertemu dirinya. Kemudian kata dia, ia bertanya kalau guru agamanya pensiun lalu tidak ada lagi guru agama di SMP itu, dan dari pihak kabupaten belum merekrut yang baru, lantas siapa yang mengajarkan pelajaran agama islam.

“Mereka bilang guru olahraga. Saya tanya lagi kalo guru olahraganya gak bisa lalu siapa yang mengajar pelajaran agama, mereka jawab guru prakarya,” ceritanya.

Oleh karena itu Khofifah mengajak Bupati Bangkalan terpilih untuk membangun satu komitmen bersama, bahwa siswa tidak bisa hanya berorientasi pada capaian nilai 6 atau nilai UN yang bagus.

“Tapi akhlaknya juga bagus, solatnya juga bagus, bacaan Qur’annya juga bagus. Ini menjadi PR kita bersama pak Bupati. Kita bangun bersama komitmen ini pak Bupati,” tandasanya.

Selain itu, Khofifah juga memaparkan bahwa Bosda Madin tidak akan berkurang, dan beasiswa guru Madin yang sebelumnya hanya Strata (S)1 akan dinaikkan sampai ke S2.

“Kalau tahun kemarin beasiswa guru Madin hanya sampai S1, insya Allah tahun depan akan masuk beasiswa S2, itu kami hitung APBD nya sudah cukup,” pungkasnya. (Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here