DispendukCapil Bangkalan Kekurangan Blanko E-KTP

Rudianto Kepala Dispendukcapil Bangkalan

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Masyarakat Bangkalan harus ekstra sabar jika ingin mengurus atau mencetak E-KTP. Pasalnya, stok blanko E-KTP di Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (dispendukcapil) Kabupaten Bangkalan sedang kosong. Hal itu diungkapkan oleh Rudiyanto, Kepala Dispendukcapil Kabupaten Bangkalan,  Selasa (02/07/2019).

Rudi sapaan akrabnya menyampaikan, kekosongan blanko E-KTP tersebut tidak hanya terjadi di Bangkalan melainkan seluruh Indonesia.

“Kami sudah melakukan permohonan ke pemerintah pusat, namun kami tidak bisa memastikan jumlah yang akan diberikan oleh pusat. Bahkan, bisa jadi permohonan yang kami ajukan tidak dipenuhi,” paparnya saat dikonfirmasi via jaringan seluler, Selasa (02/07/2019).

Sementara pemohon E-KTP, lanjut dia, masih sangat tinggi setiap harinya. “Ketersediaan blanko dari pusat terbatas, sedangkan jumlah pemohon semakin membludak,” imbuhnya.

Selain itu, ia juga menyampaikan, bahwa pihaknya sedang melakukan koordinasi dengan pemerintah provinsi untuk mengatasi kekosongan blanko tersebut.

“Saat ini kami masih melakukan koordinasi dengan pemprov, berharap bisa membantu mengatasi masalah ini. Namun disamping itu, kami sudah memberikan Surat Keterangan (suket) sebagai pengganti E-KTP sementara sampai blanko kembali tersedia,” pungkasnya. (Iks/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here