Bina Desa, Ikamaba Tawarkan SID

BANGKALAN, Lingkarjatim.com– Bina Desa dan Riset Partisipatif Ikatan Mahasiswa Bangkalan (IKAMABA) Surabaya di Desa Ko’olan Blega Bangkalan ditutup dengan presentasi Sistem Informasi Desa (SID) di hadapan Kepala Desa Ko’olan, Camat Blega, Polres Bangkalan, IAK (Ikatan Alumni Keluarga) Ikamaba, DPRD Bangkalan dan OPD Bangkalan selasa (14/01/20).

Dalam sambutannya, Zuhud, Ketua Umum Ikamaba menyampaikan bahwa Ikamaba dalam Bina Desa kali ini membawa Dua program, yaitu Program umum dan program khusus.

“Salah satu program khusus itu adalah SID ini, yang mana ini adalah hasil kerja kolaboratif Ikamaba dibantu oleh pemuda desa”, Ujarnya.

Lebih jauh Ia menambahkan kalau SID ini sangat bermanfaat bagi Desa sebagai basis informasi mengenai segala hal tentang desa ko’olan. Mulai dari penduduknya, potensi desanya, luas dan batas desa hingga data sosial seperti pengeluaran dan pemasukan penduduk desa ko’olan.

Baca Juga :  Sebuah Dorkas Tertimpa Pohon Tumbang, Pengemudi Sempat Pingsan tapi Selamat

“Semuanya tersaji dalam satu data tunggal, tinggal klik kita akan tahu semua informasi itu dan ini Offline, semoga ini bermanfaat bagi desa Ko’olan dan bisa ditindaklanjuti”, Tambahnya.

Ketua IAK Ikamaba, Mujiburrahman menyambut baik dan mengapresiasi hasil kerja tretan Ikamaba dalam bina desa kali ini, baginya Bina Desa di Ko’olan ini adalah yang terbaik Sejauh ini.

“Sejauh yang saya tahu, Karena Ikamaba selalu mengundang IAK setiap mengadakan acara, jadi saya tahu mereka sudah melakukan apa saja selama bina desa, dan menurut saya ini adalah bina desa terbaik sejauh ini, semoga ke depan bisa lebih baik lagi”, ucapnya.

Di Akhir acara, Irwan Setiyawan dari dinas sosial menyambut gembira hasil kerja tretan Ikamaba Surabaya dalam Bina desa kali ini, menurutnya SID ini sangat penting dan perlu untuk dimiliki oleh setiap desa.

Baca Juga :  Wacana Peralihan Kewenangan SIM dan STNK Dari Polri ke Kemenhub, Syafi Asmoro : Tidak Ada Urgensitasnya

“Data ini bisa kita gunakan untuk apa saja, bisa untuk pemetaan perencanaan desa hingga memudahkan pemerintah untuk memberikan bantuan biar tepat sasaran, karena datanya sudah ada”, Pungkasnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here