1000 Relawan Bersih-bersih Sungai Tunjung Burneh

Para relawan saat membersihkan aliran sungai di Kelurahan Tunjung, Burneh, Bangkalan

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Kebersihan sungai menjadi hal yang penting untuk menciptakan lingkungan yang sehat. Untuk mewujudkan itu perlu adanya peran serta masyarakat sekitar. Seperti yang dilakukan oleh 1000 relawan di Kabupaten Bangkalan ini.

Relawan yang terdiri dari gabungan masyarakat, siswa, mahasiswa, santri pondok pesantren, Polri, TNI dan ASN itu bergotong royong membersihkan sepanjang sungai di Kelurahan Tunjung, Burneh, Bangkalan, Minggu pagi (5/11/2017).

Para relawan bersastu padu untuk membersihkan aliran kali modern dari sampa yang menumpuk. Sekitar 700 meter panjang sungai tak luput dari sentuhan tangan para relawan. Rumput-rumput liar yang menjalar bebas menjadi target sabetan alat bersih-bersih yang mereka bawa.

Acara yang diinisiasi oleh Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Bangkalan itu juga dihadiri oleh Kepala BPBD Jawa Timur Sudarmawan, Wakil Bupati Bangkalan Modir A Rofii, para Kepala OPD dan Muspika Kecamatan Burneh.

Kepala BPBD Bangkalan Rizal Moris mengatakan kegiatan tersebut merupakan langkah awal untuk mengurangi resiko bencana di Kabupaten Bangkalan. Selain itu juga untuk menumbuhkembangkan jiwa gotong royong di masyarakat bawah.

“Diharapkan masyarakat Bangkalan ini bisa lebih peduli lagi dengan sungai-sungai yang ada disekitarnya,” ujarnya disela-sela kegiatan. (Lim)

Leave a Comment