Abdimas UTM di Desa Murtajih Mampu Sulap Siwalan jadi Produk Unggul Desa

PAMEKASAN, Lingkarjatim.com – Perangkat Desa dan Masyarakat Desa Murtajih Pamekasan berbondong – bondong untuk mendatangi pelatihan yang diadakan Mahasiswa Abdimas Desa Murtajih yang telah terlaksana pada tanggal 28 Desember 2019.

Pelatihan bertemakan siwalan yang menjadi produk unggul desa sendiri dikoordinatori oleh Ida Sulistiawati dan Nur Irmiyanni Awaliyah.

Pelatihan ini diawali dengan pengolahan siwalan menjadi es siwalan dengan komposisi yang dapat dikatakan sederhana yang bermodalkan siwalan, santan, gula aren, gula pasir serta es batu.

“Itu apabila pakai gula merah sama saja ya?” Ujar salah satu peserta pelatihan.

“Iya ibu bisa untuk gula aren ataupun gula merah tetapi harus dicampur dengan gula pasir, hanya saja untuk rasa mungkin lebih nikmat apabila menggunakan gula aren” Timpal Ida.

Selang beberapa saat dilanjutkan pelatihan dengan tema yang tetap namun dalam bentuk berbeda yakni dijadikan produk berupa stik siwalan.

Baca Juga :  Pengabdian Masyarakat, Mahasiswa UTM Tanam 1000 Mangrove di Pesisir Sepuluh

“Untuk stik siwalan ini tidak hanya bisa diberikan saos saja sebagai pendamping ketika mengkonsumsi, tetapi stik ini juga dapat diberi aneka rasa sesuai selera seperti BBQ, sapi panggang, keju manis, balado, dan lain lain” Terang Ida.

“Tahan berapa lama untuk stik sendiri” Tanya salah satu peserta pelatihan

“Tahan sekitar kurang lebih satu minggu dikarenakan komposisi dari kami yang tidak hanya memanfaatkan buah siwalan saja tetapi juga ada campuran air siwalan sendiri yakni air legen” Jawab Ida

“Kalau produk dengan komposisi sederhana dan mudah didapatkan seperti ini, mungkin ibu-ibu PKK nanti bisa melanjutkan” Sahut Bapak Djasuli selaku PJ Kepala Desa Murtajih.

“Dari pelatihan ini kami ucapkan terimakasih kepada perangkat desa dan masyarakat Desa Murtajih atas antusias yang diberikan kepada kami dalam mengikuti pelatihan dengan bertemakan produk siwalan yang merupakan salah satu keunggulan desa” Pungkas Eko selaku Koordinator Desa dari Abdimas Desa Murtajih. (*)

Baca Juga :  Mahasiswa Abdimas UTM Ajak Warga Bandungan Untuk Membuat Pudding Talas Lapis dan Kroket Singkong

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here