Ziarah ke Makam Para Raja Menjadi Rangkaian Hari Jadi Bangkalan ke-486

Ketua DPRD Bangkalan, Imron Rosyadi didampingi Wabup, Ir. Mundir A. Rofii melakukan tabur bunga di Makam Agung Plakaran Arosbaya Bangkalan

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Bakal calon Bupati Bangkalan, RKH. Abdul Latif Amin Imron mengapresiasi langkah pemkab Bangkalan yang memasukkan agenda ziarah ke makam RadenĀ  Pragalbo dan Pratanu menjadi rangkaian kegiatan Hari Jadi Bangkalan yang ke-486.

Menurutnya, putra Raden Pragalbo (Pangeran Onggu’) yaitu Raden Pratanu atau Ki Lemah Duwur merupakan Raja Islam pertama di Madura Barat. Sehinga jasa-jasanya perlu selalu diingat dan dikenang sepanjang masa. “Jadi kegiatan ziarah ke makam para raja itu, patut kita dukung dan apresiasi,” kata ketua PPP Bangkalan yang juga Wakil Ketua DPRD Bangkalan ini, Senin (23/10/2017).

RKH. Abdul Latif Amin Imron juga berziarah ke Makam Agung

Hal senada juga diungkapkan anggota Komisi D DPRD Bangkalan, Holifi Aziz. Baginya, mengagendakan ziarah ke makam para raja, sangat positif. Terlebih lagi dimasukkan kedalam rangkaian hari jadi Bangkalan. “Ziarah ini dilakukan ke beberapa makam para leluhur. Diantaranya, Ki Demong (ayah dari Raden Pragalbo), Raden Paragalbo, Raden Pratanu, Raden koro atau Pengeran Tengah (Anak dari Raden Pratanu),” urainya.

Hanya saja, lanjut Holifi, terdapat beberapa catatan yang perlu diperhatikan oleh pemkab Bangkalan. Yakni perlunya renovasi situs-situs penting tersebut. Sehingga para pengunjung yang datang berziaroh bisa kerasan. “Jalan akses menju makam juga perlu diperlebar, sehingga kendaraan pengunjung tidak kesulitan saat berpapasan,” harapnya.

Rombongan Pemkab Bangkalan di Pintu Masuk Makam Agung

Ziarah ke makam para raja di desa Plakaran Arosbaya Bangkalan ini merupakan rangkaian kegiatan Hari Jadi Bangkalan yang ke-486. Ziarah kali ini dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Bangkalan, Ir. Mundir A. Rofii, Ketua DPRD Bangkalan, Imron Rosyadi, Sekda Bangkalan, Dr. Eddy Moeljono serta sejumlah pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Bangkalan. Selain itu, juga dihadiri oleh para budayawan dan tokoh masyarakat sekitar. (red)

Leave a Comment