Warga Desak Bupati untuk Bangun RSUD Wilayah Barat Krian Sidoarjo

Warga setempat saat masang spanduk desakan pembangunan RSUD wilayah barat

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Sejumlah warga setempat mendesak Pemerintah Kabupaten (Pemkab) untuk segera membangun Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) wilayah barat Desa Tambak Kamerakan, Kacamatan Krian, Sidoarjo, Minggu (21/7/2019).

Atas desakan itu, para warga memasang spanduk atau benner di lokasi yang direncanakan untuk dibangun RSUD dengan bertuliskan “Mana Janjimu Waktu Kampanye pak Bupati? Mendirikan RSUD Sidoarjo barat. Pak Bupati, Tolong RSUD Barat segera di Bangun. Warga Sidoarjo barat butuh bukti bukan janji”.

Mulyono, salah satu warga Prambon, saat ditemui, menjelaskan pasangan bersinar Saiful Ilah – Nur Ahmad Syaifuddin, pada saat kampanye menjanjikan membangun rumah sakit umum untuk wilayah barat. Namun, hingga saat ini belum terialisasi.

“Kami semua belum tahu. Padahal informasi yang kami terima bahwa biaya untuk pembangunan rumah sakit sudah ada,” terangnya, Minggu (21/7/2019).

Dijelaskan Mulyono, masyarakat wilayah barat sangat membutuhkan pelayanan kesehatan maksimal di rumah sakit. Tidak hanya masyarakat Sidoarjo yang berada di perkotaan, masyarakat pinggiran punya hak yang sama dengan masyarakat yang ada ditengah kota.

“Kita yang ada di pedesaan seperti dianak tirikan oleh pemerintah,” keluhnya.

Sementara itu, dikatakan Ari Mustakim warga Krian, ia mendesak pemerintah untuk segera secepatnya membangun rumah sakit wilayah barat. Pasalnya, keberadaan rumah sakit yang berbeda di tengah kota sering kali pelayanan tidak maksimal dan minimnya kamar untuk rawat inap.

“Rumah sakit ditengah kota selain jauh dari tempat kami, tentu rumah sakit wilayah barat ini sangat penting untuk masyarakat setempat,” imbuhnya.

Perlu diketahui, polemik pembangunan RSUD wilayah barat hingga sekarang masih tarik ulur antara eksekutif dan legislatif. Apakah harus menggunakan sistem Kerjasama Pemerintah dan Bandan Usaha (KPBU) atau murni menggunakan APBD. Padahal, legislatif telah mengalokasikan dana Rp 125 miliar melalui APBD tahun ini. (Mam/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here