Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 15 Aug 2022 14:09 WIB ·

Wali Siswa Keluhkan Adanya Biaya Pembelian Buku di Sekolah, Mathur Husairi : Sekolah Tidak Boleh Jualan


Wali Siswa Keluhkan Adanya Biaya Pembelian Buku di Sekolah, Mathur Husairi : Sekolah Tidak Boleh Jualan Perbesar

Menanggapi hal tersebut, Anggota DPRD Jatim Mathur Husairi menyayangkan prihak masih adanya sekolah yang menjual buku dengan cara apapun.

“Ini sangat disayangkan dan mencoreng lembaga pendidikan negeri, sudah ada BOS dan BPOPP. Knp sekolah jualan buku?,” Ucapnya menyayangkan.

Mathur lantas memplesetkan bahwa progran andalan Gubernur Jawa Timur TisTas yang merupakan singkatan dari gratis dan tuntas menjadi Gratis Terbatas.

Hal tersebut menurutnya dikarenakan Bantuan Penunjang Operasional Penyelenggaraan Pendidikan (BPOPP) selama periode ini belum sepenuhnya dipenuhi 100% oleh pemerintah.

Bahkan Mathur sapaan akrabnya menyatakan bahwa sampai ada sekolah yang menyiasati dengan dana partisipasi dari wali siswa melalui komite sekolah.

“Persoalan kemudian apakah ini tidak memberatkan?,” Lanjutnya mempertanyakan langkah sekolah yang sampai melakukan berbagai cara tersebut.

Dalam hal ini Mathur menyarankan pihak sekolah bisa transparan dalam menyusun Rencana Kerja dan Anggaran Sekolah (RKAS).

“Sampaikan keterbatasan dana dan Musyawarahkan dengan komite termasuk wali siswa untuk mencari solusinya,” ucap Mathur menyarankan kepada semua lembaga untuk transparan menggunakan dana BOS sekolah.

“Terkait kasus dugaan jualan buku yg dilakukan oleh pihak sekolah, ini sangat disayangkan. Sekolah harus membebaskan siswa membeli buku diluar sekolah yg bisa saja harganya tidak sama. Sekolah jg harus mengizinkan siswa menggunakan foto copy.
Apalagi tahun ini sudah ada anggaran dari dana BOS untuk belanja buku paket digital, sudah seharusnya ini dimanfaatkan dengan baik. Sekarang sudah era digital, seharusnya sudah paperless tidak lagi berbasis kertas (buku). Intinya sekolah jangan jualan,” pungkasnya menegaskan bahwa lembaga sekolah tidak boleh berbisnis dengan siswanya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA