Tingkatkan Konsumsi Ikan dan Kesejahteraan Masyarakat, Pemkab Sumenep Gelar Gemarikan

Bupati dan Ketua Forikan Sumenep Memantau Sejumlah Hidangan yang Berbahan Ikan

SUMENEP, Lingkarjatim.com – Dinas Perikanan Kabupaten Sumenep, Jawa Timur menggelar gebyar Gemar Makan Ikan (Gemarikan). Kegiatan rutin tahunan tersebut bertema “Menu Ragam Masakan Ikan untuk Kesehatan dan Kesejahteraan Masyarakat” dilaksanakan di Taman Bunga Sumenep, Rabu (03/07/2019) malam.

Kepala Dinas Perikanan Sumenep Arief Rusdi dalam sambutannya mengatakan, ikan kaya akan protein dan omega 3. Sehingga ikan sangat bermanfaat untuk kesehatan. Selain itu, tingkat konsumsi ikan yang tinggi juga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Dengan begitu, kata Rusdi, dibutuhkan suatu sosialisasi kepada Masyarakat Sumenep untuk gemar makan ikan. “Mendorong masyarakat kabupaten Sumenep untuk meningkatkan konsumsi ikan selain sangat bagus untuk kesehatan dan kecerdasan, juga untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat,” jelasnya.

Hal senada juga disampaikan Ketua Forikan Sumenep, Nur Fitriana, Gemarikan dilaksanakan untuk meningkatkan konsumsi masyarakat terhadap ikan untuk menjaga kesehatan dan meningkatkan kesejahteraan.

“Kabupaten Sumenep, konsumsi ikan melebihi rata rata konsumsi ikan Jawa Timur yang mana konsumsi ikan di Sumenep mencapai 55kg/tahun/kapita sedangkan Jawa timur hanya 33kg/tahun/kapita,” katanya.

Lebih lanjut, dia mengatakan, Sumenep berada pada peringkat tertinggi dalam upaya menurunkan angka Stunting. Hal itu karena masyarakat Sumenep yang gemar maka ikan. “Kabupaten Sumenep merupakan tertinggi se Indonesia dalam penurunan Stunting sampai mencapai 18,5%,” kata Nur Fitriana.

Sementara itu, Bupati Sumenep, Abuya Busyro Karim mengatakan, luasnya wilayah perairan Sumenep sangat berpotensi dalam meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui sektor laut.

“Potensi kelautan kabupaten Sumenep sangat besar yang mana laut kabupaten Sumenep sampai mencapai lebih 50.000 meter persegi, sehingga potensi dalam peningkatan kesejahteraan masyarakat sangat tinggi,” kata Mantan Ketua DPRD Sumenep dua periode itu.

Menurut Busyro, selain sangat baik bagi pertumbuhan tubuh bagi anak anak juga kepada Ibu hamil dan menyusui, manfaat yang bisa kita ambil adalah meningkatkan kesejahteraan masyarakat Sumenep. “Meningkatkan kesejahteraan masyarakat disektor kelautan dan perikanan,” tukasnya. (Lam/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here