Survei ARCI Parpol Jatim: PKB Pertama, Gerindra Tiga Besar

Surabaya – Accurate Research And Consulting Indonesia (ARCI) merilis hasil survei terkait elektabilitas partai politik (parpol) di Jatim. Hasilnya, PKB masih teratas dengan elektabilitas 19,9%.

“PKB masih teratas, bersaing ketat dengan PDI Perjuangan di peringkat kedua. Dan Gerindra di peringkat ke-3 ini sewaktu-waktu berpeluang mendekati,” kata Direktur ARCI, Baihaki Sirajt, di Surabaya, Kamis (12/5/2022).

Baihaki membeberkan, faktor utama PKB berada di peringkat pertama ialah kedekatan partai dengan basis-basis Nahdlatul Ulama (NU) di Jatim.

Sementara, PDI Perjuangan yang menjadi partai pemenang di Jatim pada Pileg 2019, dalam survei ARCI elektabilitasnya di angka 16,2%. Tidak terpaut jauh di peringkat ke-3 ada Partai Gerindra dengan elektabilitas 14,9%.

“Gerindra ini luar biasa sosialisasinya saat ini. Di bawah pimpinan Anwar Sadad, salah satunya Gerindra ini sangat masif turun ke bawah, juga sering mendapat porsi pemberitaan di Jatim,” jelasnya.

Baca Juga :  Pemkot Surabaya Terjunkan Dokter Hewan Untuk Pemeriksaan Ternak Guna Cegah Virus PMK

Menurut Baihaki, Gerindra bertarung ketat dengan PKB di wilayah Tapal Kuda. Di wilayah ini, kedua partai berebut basis Nahdlatul Ulama (NU).

“Gerindra juga bersaing ketat dengan PKB di wilayah Tapal Kuda berebut suara nahdliyin,” imbuhnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here