Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 14 Aug 2017 09:06 WIB ·

Soal Pilgub Jatim, Bupati Banyuwangi Pasrah Pada Keputusan Partai


Soal Pilgub Jatim, Bupati Banyuwangi Pasrah Pada Keputusan Partai Perbesar

Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar Anas

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Bupati Banyuwangi, Abdullah Azwar, masih enggan bicara terkait namanya yang masuk sebagai kandidat dalam Pilkada Jatim 2018 mendatang. Saat ini, Anas mengaku fokus menjalankan tugasnya sebagai Bupati Banyuwangi.

“Sekarang saya masih konsentrasi di daerah (Banyuwangi, red), terkait Pilgub biar mengalir saja,” kata Bupati Anas, saat ditemui di Gedung Negara Grahadi Surabaya, Senin (14/8/2017).

Terkait Pilgub Jatim, Anas menyerahkan sepenuhnya kepada DPD PDIP Jatim. Ia mengaku siap mengikuti keputusan PDIP. “Untuk Pilkada Jatim, saya menunggu saja. Pimpinan partai pasti masih menelaah dan pada saatnya akan mengeluarkan keputusan. Yang jelas saya akan mematuhi keputusan partai, termasuk apakah saya akan menjadi cawagub atau cagub. Kita tunggu saja,” ujarnya.

Selain itu, Anas juga mengaku belum melakukan kerja politik apapun terkait hajatan Pilkada Jatim. Saat ini, kata Anas, dirinya tengah fokus melakukan lobi-lobi ke Pemprov dan Provinsi, untuk mengembangkan Banyuwangi.

“Saya pasif dalam melakukan komunikasi politik, selama ini saya hanya mobilisasi vertikal semata-mata untuk banyuwangi. Tapi kalau terkait kerja politik untuk Pilgub Jatim masih belum,” kata Anas.

Ada beberapa program yang menjadi fokus Anas untuk mengembangkan Banyuwangi. Di antaranya menggenjot pengembangan sektor ekonomi rakyat yang memadukan tiga basis, yaitu pertanian, UMKM, dan pariwisata.

Dengan strategi itulah, kata dia, Banyuwangi yang jauh dari pusat pertumbuhan utama Jatim kini menggeliat. Salah satu indikatornya, pendapatan per kapita warga Banyuwangi dari Rp20,8 juta per orang per tahun menjadi Rp41,46 juta per orang per tahun pada 2016 atau ada kenaikan 99 persen. Angka kemiskinan pun menurun cukup pesat menjadi 8,79 persen pada 2016.

“Kita juga jaga daya beli rakyat. Inflasi kami terendah se-Jatim, bahkan belum lama ini kami dinobatkan oleh pemerintah pusat sebagai daerah paling inovatif dalam pengendalian inflasi,” kata politisi yang juga birokrat itu. (Mal/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PWI Sidoarjo Gelar Resepsi dan Talkshow dalam Rangka HPN 2024

29 May 2024 - 17:21 WIB

Dinas Pertanian Anggarkan 2 M Lebih Hibah Hand Traktor untuk Poktan di Bangkalan, Ini Syarat dan Ketentuan Jika Ingin Mengajukannya

29 May 2024 - 08:09 WIB

Jadi Temuan BPK Sehingga Biaya Pemasangan Listrik Pasar KLD Dibebankan ke Pedagang, Aktivis Senior: Lah Iya Itu Lucu

28 May 2024 - 20:27 WIB

Polemik Pemasangan Listrik Berlanjut, Kepala Pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan : Sesuai Perintah Dinas

28 May 2024 - 20:14 WIB

FKIS Gelar Workshop Program Studi Ekonomi Syariah Se-Jawa Timur

28 May 2024 - 18:14 WIB

Rekruitmen PPS Dinilai Bermasalah, Ada Mantan Caleg Lolos Seleksi

26 May 2024 - 12:50 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA