Simulasi Anti Gempa SDI Aulia Sempat Bikin Bingung Warga

Simulasi gempa di SDI Aulia Prambon

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Puluhan siswa-siswi Sekolah Dasar Islam (SDI) Aulia Prambon Sidoarjo berhamburan sambil berteriak dengan tangisan histeris setalah mendengar bunyi gempa, Selasa (23/10/2018).

Para siswa berlarian seraya melindungi kepala mereka dengan tas mereka. Teriakan itu awalnya membuat bingung warga sekitar.

Padahal, teriakan gempa dari para siswa itu ternyata adalah simulasi anti gempa yang diadakan oleh SDI Aulia, bekerja sama dengan Basarnas Surabaya.

“Kami ingin memberikan pengalaman kepada siswa bagaimana cara supaya dapat berlindung ketika terjadi bencana atau melakukan penyelamatan diri jika terjadi bencana gempa, apalagi sekarang di beberapa daerah telah terjadi bencana,” tutur Kepala SDI Aulia Prambon, Ali Murtadho.

Menurut dia, kegiatan tersebut baru pertama kali dilakukan di SDI Aulia. Tujuannya untuk mengedukasi siswa-siswi untuk selalu waspada.

Simulasi yang bertempat di Jl. Ronggolawe No. 01 Prambon Sidoarjo itu, diawali dengan penyampaian materi oleh Tim Basarnas Surabaya.

Setelah itu anak-anak keluar ruangan menuju lapangan untuk melakukan simulasi penyelamatan jika terjadi gempa.

“Langkah pertama yang mereka lakukan adalah melindungi kepala mereka bisa dengan tas atau apapun. Selain itu anak-anak juga diajari untuk menolong korban gempa dengan menggunakan tandu,” tukasnya. (Mam/Atep/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here