Sidak Tiga UPT Pemasyarakatan di Medaeng, Ini Pesan Kakanwil

Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji melakukan Sidak. (Foto: Imam Hambali)

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Kakanwil Kemenkumham Jatim Zaeroji melakukan inspeksi mendadak ke tiga UPT Pemasyarakatan yang ada di daerah Medaeng, Jumat (13/05/2022). Tujuannya, untuk melihat kesiapsiagaan ketiga satker dalam pelayanan publik.

Zaeroji melakukan sidak sekitar pukul 14.00 WIB. UPT pertama yang dikunjungi adalah Rutan Kelas I Surabaya. Di sana, Zaeroji disambut langsung Karutan Wahyu Hendrajati. Kebetulan, saat itu berbarengan dengan penerimaan 222 tahanan baru dari Kejaksaan Negeri Surabaya dan Tanjung Perak.

“Hari ini sangat banyak yang masuk karena menjadi hari pertama setelah libur lebaran,” terang Wahyu.

Wahyu menjelaskan bahwa sebenarnya pihaknya tidak libur selama lebaran. Bahkan pelayanan penitipan barang masih dijalankan saat hari raya Idul Fitri. Namun, pihak kejaksaan yang memang baru saat ini mengirimkan tahanan baru.

“Dengan penambahan ini, penghuni kami menjadi 1.369 orang,” lanjut Wahyu.

Baca Juga :  WOM Finance Bantu Korban Erupsi Gunung Semeru

Karutan juga menjelaskan bahwa jumlah penghuni di Rutan Medaeng sudah menurun drastis jika dibandingkan akhir tahun lalu yang mencapai 2.500 orang. Hal ini dikarenakan pihak rutan secara bertahap melakukan distribusi penghuni.

“Karena kami dalam tahap akhir persiapan untuk perluasan blok hunian agar kapasitas bisa meningkat sampai dua kali lipat,” tutur Wahyu.

Menurut jadwal, proses perluasan Rutan Surabaya akan dimulai pertengahan tahun ini. Beberapa blok sudah dibersihkan agar saat proses renovasi bisa efektif dan efisien.

“Kami telah melakukan mitigasi terhadap risiko yang mungkin muncul, sehingga diharapkan bisa meminimalisir potensi gangguan keamanan dan ketertiban,” urai Wahyu.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here