Seribu Lebih Peserta CPNS Jatim Gugur

Sejumlah tenaga honorer di Bangkalan yang ikut tes seleksi CPNS

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Tingkat kehadiran peserta tes sistem Computer Assisted Test (CAT) CPNS Pemprov Jawa Timur Tahun 2020 selama empat hari sejak tanggal 8-11 Februari tercatat sebesar 91 Persen. Dari 10.890 peserta, sebanyak 9.783 orang hadir, dan 1.017 peserta sisanya tidak hadir, dan otomatis gugur.

“Jumlah kehadiran tersebut sudah cukup tinggi, dan hampir sama dengan tes tahun lalu,” kata Kepala Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jatim, Nurcholis, saat dikonfirmasi, Rabu (12/2/2020).

Jumlah peserta CPNS Jatim total 54.600 orang. Tes tersebut digelar di Graha Unesa Lidah Kulon, Kecamatan Lakarsantri, Surabaya, selama 19 hari mulai 8 hingga 26 Februari 2020. Dalam sehari ada 600 peserta terbagi dalam empat shift.

Untuk tingkat kehadiran peserta tes pada hari kelima Rabu ini, Nurcholis mengaku masih terus mendata. “Untuk daftar kehadiran peserta hari kelima ini belum final, karena tes sesi kelima digelar sampai sore,” katanya.

Baca Juga :  Khofifah Upayakan Koneksitas Wisata Bromo Tengger Semeru

Menurutnya, persaingan peserta tes CPNS Pemprov Jatim tahun ini berlangsung ketat. Satu formasi CPNS harus diperebutkan oleh 30 orang peserta.

Sedangkan formasi yang dibutuhkan 1.817 orang. Dengan demikian, satu peserta harus bersaing dengan 30 peserta lainnya untuk mendapatkan satu formasi CPNS, atau jika dihitung persentase peluang lolosnya sebesar 3,3 persen.

“Dibandingkan dengan tes di daerah lain, Provinsi Jatim ini peminatnya paling banyak,” kata Nurcholis. (Amal Insani)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here