Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 5 Aug 2017 12:28 WIB ·

Rehab Pendopo Bangkalan, Cagar Budaya Terancam Hilang


Rehab Pendopo Bangkalan, Cagar Budaya Terancam Hilang Perbesar

Salah satu Cagar Budaya yang ada di Bangkalan

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Di rehabnya Pendopo Agung Bangkalan secara besar-besaran membuat banyak pihak resah. Pasalnya dengan di rehabnya bangunan yang berada di dekat alun-alun Bangkalan itu dikhawatirkan akan banyak cagar budaya yang terancam hilang.

Cagar budaya yang ada di dalam Pendopo Agung Bangkalan yang sudah lama tidak diperhatikan seperti Pancah Neteh, Pandabah Emas dan Museum Dhalem.

Salah satu masyarakat yang resah akan hal itu adalah Mistahul Ahyar. Mahasiswa Universitas Trunojoyo Madura (UTM) itu mengatakan untuk pembangunan infrastruktur yang berhubungan dengan cagar budaya tidak hanya melibatkan para kontraktor dalam pengerjaannya, akan tetapi juga harus melibatkan budayawan, sejarawan. “Bahkan jika perlu melibatkan tokoh yang menjadi ahli waris,” Ujarnya, Sabtu (05/08/2017).

Ia menambahkan seharusnya Pemkab Bangkalan menghadirkan Ketua Yayasan Kesultanan Bangkalan untuk berdiskusi dan turut merancang pembangunan. Karena menurutnya selain Yayasan tersebut beranggotakan anak turun kerajaan Madura Barat, namun jug ada keturunan dari kesultanan Cakraningrat yang masih banyak memahami sejarah dan kebudayaannya. “Sehingga, hal yang akan di bangun tidak menghilangkan makna filosofinya,” Tegasnya.

Pemuda yang akrab dengan keturunan Kesultanan Bangkalan itu juga mengakatan bahwa ahli waris tersebut tak mempunyai hak karena terkendala hukum. Namun ia menilai Pemerintah Bangkalan terlalu sensitif. “Iya, jadi para pejabat Pemkab sedang mengalami gangguan psikologi (paranoid) terhadap kepedulian anak turun Kesultanan Bangkalan dengan sejarah dan budayanya,” Tuturnya.

Dikatakannya, meskipun keturunan kesultanan bukan siapa-siapa, seharusnya pemerintah tidak mempersempit ruang lingkupnya dengan tidak melibatkan ataupun berdialog terlebih dahulu. “Kondisi saat ini terkait pemahaman sejarah dan budaya sangat diperlukan oleh Pemkab dalam menunjang pariwisata,” Pungkasnya. (Zan/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 4 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA