Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 4 Sep 2017 09:15 WIB ·

Ra Momon Absen Fit And Propert Test PDIP, Ini Kata Pengamat Politik


Ra Momon Absen Fit And Propert Test PDIP, Ini Kata Pengamat Politik Perbesar

Suasana fit and proper test PDIP

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Proses penjaringan Calon Bupati dan Calon Wakil Bupati Bangkalan di PDIP sudah memasuki tahapan fit and proper Test. Dari 7 orang yang mendaftar ke PDIP hanya Makmun Ibnu Fuad (Ra Momon) saja yang tidak memenuhi undangan PDIP.

Fit proper test Bakal Calon Bupati dan Bakal Calon Wakil Bupati Bangkalan di laksanakan pada hari Sabtu (02/09/2017) di kantor DPD PDIP Jawa Timur di Surabaya.

Abd Hafid Juru Bicara Panitia Pendaftaran Cabup/Cawabup PDIP mengatakan pihaknya sudah mengundang Ra Momon yang kini menjabat Bupati Bangkalan untuk mengikuti fit and proper test.

“Sebelumnya kami sudah mengundang, dan beliau menyatakan siap, tapi saat hari H ternyata beliau tidak bisa dihubungi,” Ujarnya, Senin (04/09/2017).

Apakah dengan tidak hadirnya Ra Momon, PDIP akan mencoret namanya? Hafid mengatakan keputusan sepenuhnya diserahkan ke DPP.

“Yang jelas ini akan semakin mempersempit Ra Momon untuk mendapatkan rekom, tapi sepenuhnya kita serahkan ke DPP, termasuk rekom akan turun ke siapa nanti,” Pungkasnya.

Surochim Abdus Salam pengamat politik dan Dosen Ilmu Komunikasi UTM

Menanggapi hal itu, pengamat politik sekaligus Dosen Ilmu Komunikasi UTM Surochim Abdus Salam mengatakan ketidakhadiran Ra Momon dalam fit and proper test PDIP tidak akan berpengaruh besar.

“Saya rasa tidak akan berpengaruh besar, asalkan Ra Momon bisa mendapat restu dari Abanya (Fuad Amin, Red) itu sudah melebihi kuasa parpol,” Ujarnya.

Menurutnya, konteks politik Bangkalan ada di tangan tokoh yang berpengaruh. Jadi lanjutnya, partai politik hanya mekanisme formalitas saja. Sedangkan kehendak politik yang paling kuat ada di tangan tokoh tersebut.

“Silaturrahim dan networking ke partai juga penting untuk menghaluskan proses komunikasi politik agar terlihat smart dalam berpolitik,” Imbuhnya.

Bagaimana jika Ro Momon tidak mendapat restu dari Fuad Amin yang tak lain adalah abanya? Menurut Surochim jika hal itu terjadi maka langkah Ra Momon untuk ikut Pilkada Bangkalan akan semakin berat.

“Menurut saya siapa saja yang dapat dukungan Ra Fuad berpotensi memenangkan pilkada. Karena sesungguhnya kekuasaan di Bangkalan itu kekuasaan kultural dan simbolik keluarga Bani Kholil dan patron paling kuat ada di Ra Fuad,” Ujarnya. (Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA