Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 29 May 2024 17:21 WIB ·

PWI Sidoarjo Gelar Resepsi dan Talkshow dalam Rangka HPN 2024


PWI Sidoarjo Gelar Resepsi dan Talkshow dalam Rangka HPN 2024 Perbesar

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Sidoarjo menggelar Resepsi dan Talkshow dalam rangka Hari Pers Nasional (HPN) tahun 2024 di Hotel Luminor Sidoarjo. Kegiatan yang dilaksanakan pada Rabu (29/5/2024) tersebut bertemakan “Meneguhkan Profesionalisme Pers, Mengawal Pembangunan Daerah”.

Kegiatan yang didukung penuh oleh Pemkab Sidoarjo itu dihadiri oleh Plt Bupati Sidoarjo Subandi, jajaran Forkopimda Sidoarjo, Sekda Sidoarjo Fenny Apridawati, Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim, dan sejumlah Kepala OPD serta tamu undangan.

Plt Bupati Sidoarjo Subandi memberikan apresiasi kepada jurnalis yang telah turut serta mengawal progres pembangunan di Kabupaten Sidoarjo. Pada momentum HPN tersebut diharapkan PWI Sidoarjo tetap menghasilkan produk-produk jurnalistik yang berkualitas.

“Jika produk jurnalistik sudah sesuai kode etik yakni berdasarkan data dan fakta, maka akan menjadi referensi bagi masyarakat, khususnya melawan berita hoax. Kami yakin rekan-rekan disini telah bekerja sesuai dengan kode etik jurnalistik,” ungkap Subandi.

Selama ini, lanjut Subandi, PWI telah menjadi mitra kerja yang baik bagi pemerintah daerah terutama dalam hal mensosialisasikan berbagai kebijakan pada pemerintah. Mulai dari proses hingga hasil dari progres pembangunan yang ada di Sidoarjo.

“Mari kita bersama-sama dengan pemerintah daerah memikirkan langkah-langkah yang konkret, strategis serta inovatif dalam mengawal pembangunan yang tetap adaptif sesuai dengan perkembangan zaman,” jelasnya.

Sebagai pimpinan daerah, pihaknya mengaku akan terbuka seluas-luasnya dengan insan pers terutama dalam hal memajukan Kabupaten Sidoarjo. Baginya, kritikan yang digaungkan insan pers dalam sebuah berita tidak lebih dari sekedar untuk memajukan daerah.

Ketua PWI Jawa Timur Lutfil Hakim menegaskan, resepsi HPN tidak hanya menekankan pada seremonialnya saja, tetapi nilai-nilai menjadi seorang jurnalis yang benar-benar berkualitas, bertanggungjawab, dan banyak memberikan manfaat bagi kehidupan ber-masyarakat.

“Yang paling penting ini adalah menjaga nilai. Sebagaimana yang dicontohkan Rasulullah kembali ke Khittah (jalan yang lurus). Profesi wartawan ini tanggungjawabnya sangat besar. Jika sejak awal diniatkan dengan baik, maka manfaatnya sangat luar biasa. Mudah-mudahan teman-teman PWI Sidoarjo bisa menjadi lebih baik lagi, dan dapat banyak memberikan manfaat bagi masyarakat,” harap Lutfil Hakim.

Ketua PWI Sidoarjo Mustain mengungkapkan, kegiatan resepsi dan Talkshow yang digelar merupakan bagian dari rangkaian kegiatan HPN tahun 2024. Yang mana pada kegiatan sebelumnya juga digelar bakti sosial di beberapa desa terdampak banjir yang ada di Kabupaten Sidoarjo.

“Kegiatan ini bertujuan sebagai refleksi atau sarana berbenah bagi teman-teman (jurnalis, red) untuk lebih meningkatkan kapasitas diri, dan keterampilan sebagai seorang jurnalis,” ujar Mustain.

Sementara itu, Tenaga Ahli dari Dinas Komunikasi dan Informatika Jawa Timur, Zainal Arifin Emka yang hadir sebagai salah satu pemateri dalam Talkshow HPN tahun 2024, menekankan kepada jurnalis agar tidak mudah kehilangan rohnya. Baginya, momentum HPN ini merupakan momen yang tepat untuk mereaktualisasi, atau memperbarui kembali nilai-nilai yang terkandung di dalamnya.

Menurutnya, insan pers sedang mengalami tugas yang sangat berat. Yakni mengembalikan kepercayaan masyarakat terhadap media. Bukan tidak mungkin di zaman tekhnologi seperti saat ini, keberadaan media sosial lebih banyak diminati.
“Ini yang menjadi PR bagi wartawan saat ini. Jangan sampai orang lebih percaya media sosial daripada yang benar-benar media. Jurnalis harus lebih banyak introspeksi,” tandasnya. (Imam Hambali/Hasin)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 14 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Kronologi Penemuan Mayat dengan Kondisi Terbakar, Dokter Forensik: Feeling Saya ke Arah Pembunuhan

21 June 2024 - 20:19 WIB

MDW Tuding Dinsos PPPA Monopoli Data SIKS-NG

21 June 2024 - 18:52 WIB

Desk Pilkada PKB Bangkalan Ditutup, Berikut Nama-nama yang Berhasil Terjaring

21 June 2024 - 15:46 WIB

Tersandung Kasus Pelecehan, Oknum Kepala Sekolah di Sampang Diberhentikan

21 June 2024 - 10:55 WIB

Warga Temukan Mayat dengan Kondisi Terbakar

20 June 2024 - 20:40 WIB

Bangkalan Belum Aman, Seorang Perempuan Menjadi Korban Jambret di Jalan Suramadu

19 June 2024 - 21:33 WIB

Trending di HUKUM & KRIMINAL