Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 5 Aug 2022 21:08 WIB ·

Pondok Pesantren Puncak Darussalam Pamekasan Gandeng Fakultas Keislaman UTM Dalam Pengembangan Manajemen Pesantren


Pondok Pesantren Puncak Darussalam Pamekasan Gandeng Fakultas Keislaman UTM Dalam Pengembangan Manajemen Pesantren Perbesar

PAMEKASAN, Lingkarjatim.com – Pondok Pesantren Puncak Darussalam Palengaan Pamekasan melaksanakan pelatihan dalam rangka pengembangan Manajemen Pondok Pesantren menggandeng Fakultas Keislaman Universitas Trunojoyo Madura. Lewat unit Pengabdian Masyarakat, Fakultas Keislaman melaksanakan pelatihan tersebut setelah melalui observasi kegiatan dan kebutuhan Pondok Pesantren Puncak Darussalam. Observasi Pelatihan tersebut meliputi 7 aspek kegiatan yang meliputi aspek kegiatan hulu hingga hilir. Pelatihan tersebut melibatkan seluruh pengurus di Pesantren Puncak Darussalam dalam rangka meningkatkan kapasitas para pengurus pada aspek manajerial dan penyelesaian berbagai macam permasalahan.

Para pengurus merasa berkesan ketika pelaksanaan pelatihan tersebut dan merasa mulai ada bayangan terhadap berbagai problem solusi di beberapa lini di pesantren. Pengurus yang mayoritas berusia muda generasi milenial yang merupakan guru tugas cukup bersemangat dalam pelaksanaan pelatihan tersebut. Pelatihan ini menjadi paradigma baru dan penyegaran bagi pelaksanaan tugas seluruh pengurus di lingkungan Pondok Pesantren Puncak Darussalam. Pondok pesantren puncak Darussalam saat ini mengembangkan beberapa program baik dalam bidang pengembangan Bahasa Arab dan Inggris, Tahfidz dan IICP (Internasional Islamic Class Program) sehingga berbagai program pengembangan terus dilakukan secara berkelanjutan.

Pengasuh Pondok Pesantren Puncak Darussalam K.H Abd Hannan Thibyan menyatakan bahwa selama ini beberapa pola sudah dilakukan namun belum ada pengembangan aspek manajerial dalam berbagai kegiatan agar berkesinambungan dan peningkatan kualitas pesantren terjaga dengan harapan pendampingan dan tindak lanjut dari Fakultas Keislaman dapat berlangsung secara berkala sehingga ada monitoring pelaksanaan pengembangan program tersebut. Saat ini Pesantren Puncak Darussalam melakukan pengembangan penanaman dalam aspek karakter terutama aspek kebersihan. Selain itu seperti gayung bersambut Fakultas Keislaman melahirkan optimisme bagi kalangan pengurus.

Selain itu menurut Wakil Dekan bidang Akademik Khoirun Nasik, S.HI, M.HI bahwa Fakultas Keislaman menaruh perhatian terhadap pengembangan dan peningkatan kualitas pesantren dalam melahirkan Sumber Daya Insani yang baik. Pengabdian Masyarakat yang dilakukan Fakultas Keislaman di Pesantren merupakan wujud partisipasi dalam peningkatan kualtias tersebut. (*)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 7 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

PWI Sidoarjo Gelar Resepsi dan Talkshow dalam Rangka HPN 2024

29 May 2024 - 17:21 WIB

Dinas Pertanian Anggarkan 2 M Lebih Hibah Hand Traktor untuk Poktan di Bangkalan, Ini Syarat dan Ketentuan Jika Ingin Mengajukannya

29 May 2024 - 08:09 WIB

Jadi Temuan BPK Sehingga Biaya Pemasangan Listrik Pasar KLD Dibebankan ke Pedagang, Aktivis Senior: Lah Iya Itu Lucu

28 May 2024 - 20:27 WIB

Polemik Pemasangan Listrik Berlanjut, Kepala Pasar Ki Lemah Duwur Bangkalan : Sesuai Perintah Dinas

28 May 2024 - 20:14 WIB

FKIS Gelar Workshop Program Studi Ekonomi Syariah Se-Jawa Timur

28 May 2024 - 18:14 WIB

Rekruitmen PPS Dinilai Bermasalah, Ada Mantan Caleg Lolos Seleksi

26 May 2024 - 12:50 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA