Perubahan Musim, Pasien Anak RSUD Syamrabu Membludak

Pasien anak membludak hingga dirawat di lorong depan kamar pasien (Foto : Muhidin)

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Pasien anak di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Syarifah Ambami Rato Ebu Bangkalan mengalami lonjakan yang cukup tinggi sejak bulan November 2023 hingga bulan Januari 2024, bahkan terlihat banyak pasien yang terpaksa dirawat di lorong depan ruangan pasien anak karena ruangannya tidak mencukupi. Diketahui pasien anak itu mengalami berbagai penyakit seperti Diare, Infeksi saluran nafas dan demam berdarah (DBD).

Berdasarkan data yang di himpun media Lingkarjatim.com dari pihak rumah sakit, pasien anak di bulan November 2023 sebanyak 304 anak, kemudian bulan Desember naik menjadi 340, bahkan dibulan Januari 2024 kembali naik menjadi 456 anak sedangkan dibulan Februari yang tercatat 70 anak. Sementara ruangannya untu pasien anak hanya tersedia 14 ruangan dengan 64 tempat tidur.

“Saat ini ada srkitar 67 anak yang masih dirawat disini,” Ucap dr Fitrih Rahmawati Sulthoni, Sp,A selaku dokter spesialis anak, Selasa (6/2/2024).

Fitrih mengatakan lonjakan pasien anak tersebut diakibatkan oleh perubahan cuaca, juga diakibatkan oleh kebersihan, sehingga mengakibatkan imunitas anak menurun.

“Iya memang sekarang mungkin efek dari perubahan dari cuaca ekstrem ya, sehingga menyebabkan imunitas turun, anak anak jadi rentan sakit,” Ujarnya.

Terlihat tangisan bayi dari kanan kiri, saat tim media lingkajatim mendatangi ruangan pasien anak. Fitrih menjelaskan banyaknya pasien tersebut didominasi oleh penyakit diare.

“Memang untuk tiga besar kasus yang kita tangani disini paling banyak diare kemudian Infeksi saluran nafas kemudian juga demam berdarah,” Jelasnya.

“Ini mulai tahun kemaren sampai saat ini, yang belum pulang pasien diare kurang lebih 40 lebih,” Lanjutnya.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here