Peringati Hari Gizi, Siswa SD Al Muslim Melakukan Gerakan Sarapan Sehat

SIDOARJO, Lingkarjatim.com – Siswa SD Al Muslim peringati Hari Gizi. Tujuannya, untuk meningkatkan kesadaran akan pentingnya gizi yang seimbang dalam kehidupan sehari-hari.

Dengan Mengusung tema “Healthy Food, Happy Kids” para siswa SD AL Muslim diharapkan dapat mengetahui pentingnya makanan sehat untuk kesehatan dan kebahagiaan mereka. Lalu, para siswa SD Al Muslim mengawali dengan menganalisa makanan yang mereka konsumsi selama 2 hari.

Yustian wakil kepala SD Al Muslim bidang Kurikulum juga menyampaikan, harapannya terkait kegiatan tersebut. Sesuai dengan dimensi profil pelajar Al Muslim Living Health and Green yaitu peserta didik dapat menunjukkan perilaku hidup sehat, memiliki fisik yang sehat serta gizi seimbang.

“Semoga dari acara ini, siswa siswi SD Al Muslim dapat memahami pentingnya gizi seimbang yang terdapat pada isi piring mereka,” terang Yustian melalui pesan rilisnya, Rabu (24/01/2024).

Selanjutnya, kata Yustian, siswa setelah melakukan kegiatan gerakan sarapan sehat bersama, para siswa kelas 1,2,3 melanjutkan kegiatan literasi dengan menyimak dongeng pentingnya gizi seimbang bagi kehidupan. Kemudian para siswa melakukan kegiatan mewarnai serta gunting tempel untuk membedakan makanan sehat dan tidak sehat.

“Tidak hanya itu, para siswa kelas 1,2 dan 3 juga mendapatkan sosialisasi mengenai isi piringku,” ucapnya.

Sementara itu, Fifirdaus Finaul Husnah selaku Nutrisionis terampil Puskesmas Tambakrejo menyampaikan, saat ini istilah 4 sehat 5 sempurna sudah tidak digunakan kembali melainkan menggunakan istilah Gizi Seimbang yang telah diperbarui sesuai kondisi tubuh dan penelitian saat ini. Selain itu, terdapat 10 pesan gizi seimbang yaitu syukuri dan nikmati aneka ragam makanan, banyak makan sayuran dan cukup buah-buahan.

“Biasakan makan lauk pauk tinggi protein hewani, biasakan konsumsi beraneka ragam makanan pokok, batasi konsumsi manis, asin dan lemak, biasakan sarapan, minum air bersih yang cukup, biasakan membaca label pada kemasan, cuci tangan dan beraktivitas fisik yang cukup,” ucap Fifirdaus.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here