Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 27 Oct 2017 11:03 WIB ·

Pengumuman Lolos 3 Besar Panwascam Bangkalan Dinilai Terselubung


Pengumuman Lolos 3 Besar Panwascam Bangkalan Dinilai Terselubung Perbesar

Tiga anggota Panwaslu Kabupaten Bangkalan saat tes wawancara calon Panwascam

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Perekrutan Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kecamatan di Kabupaten Bangkalan ada kejanggalan. Pengumuman untuk yang lolos tiga besar dinilai dilakukan secara terselubung tanpa melibatkan semua peserta tes.

Sampai saat ini belum ada pengumuman resmi tentang nama-nama yang masuk tiga besar. Namun ternyata sudah ada sebagian peserta yang dipanggil untuk mengikuti tes bebas narkoba di RSUD Syamrabu Bangkalan, Jumat (27/10/2017).

Hal itu dibenarkan oleh Mustain Ketua Panwaslu Kabupaten Bangkalan yang mengatakan bahwa pihaknya memang sudah menentukan nama yang masuk tiga besar tiap kecamatan.

“Dari hasil pleno kita sudah menetapkan tiga nama teratas di tiap kecamatan dan sudah kita setorkan ke Bawaslu,” ujarnya, Jumat (27/10/2017).

Kemudian lanjutnya, tiga nama teratas itu telah dihubungi lewat telpon untuk mengikuti tes bebas narkoba di RSUD Syamrabu Bangkalan pada hari Jumat (27/10/2017) dan Sabtu (28/10/2017).

“Ini hanya masalah teknis saja dan kita memilih untuk menghubungi tiga nama teratas untuk ikut tes bebas narkoba yang telah dijadwalkan oleh RSUD,” pungkasnya.

Kapan pengumuman resmi yang lolos 3 besar akan keluar? Ia mengatakan pengumuman resmi akan keluar setelah hasil tes bebas narkoba keluar.

“Insyaallah kalau tidak senin ya selasa. Nanti kalau ada hasil tes yang positif tentu akan kita gantikan ke yang dibawahnya,” pungkasnya.

Hal berbeda disampaikan oleh Ketua Bawaslu Jawa Timur Moh Amin. Mantan Ketua Panwaskab Sumenep itu menjelaskan mekanisme perekrutan Panwascam adalah tes bebas narkoba dilaksanakan setelah pengumuman tiga besar dikeluarkan.

“Pengumuman tiga besar dulu, kemudian surat keterangan bebas narkoba sebelum pelantikan,” ujarnya.

Bahkan ia menyarankan sebelum pengumuman yang lolos tiga besar keluar secara resmi, peserta seleksi tidak perlu melakukan tes bebas narkoba duluan.

“Disarankan sekali jangan dulu, karena terkait dengan biaya, ya kalau misalkan sudah ada yang tes duluan itu konsekuensi jika ternyata tidak lolos,” imbuhnya.

Ia menegaskan, tes bebas narkoba itu dilakukan secara perorangan bukan kolektif dengan biaya sendiri. “Biaya masing-masing peserta tidak ada fasilitas dari panitia,” pungkasnya. (Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tersandung Kasus Pelecehan, Oknum Kepala Sekolah di Sampang Diberhentikan

21 June 2024 - 10:55 WIB

Warga Temukan Mayat dengan Kondisi Terbakar

20 June 2024 - 20:40 WIB

Bangkalan Belum Aman, Seorang Perempuan Menjadi Korban Jambret di Jalan Suramadu

19 June 2024 - 21:33 WIB

Ratusan Kades di Sidoarjo Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

13 June 2024 - 19:58 WIB

Pj Bupati Bangkalan Lantik PAW Kades Labeng, Begini Pesannya

13 June 2024 - 18:00 WIB

Pj Bupati Tanggapi Prihal Anggaran Puluhan Juta untuk Foto Kopi di Dinas Pertanian Bangkalan

13 June 2024 - 09:56 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA