Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 6 Jul 2023 17:27 WIB ·

Pengamat: Khofifah-Eri Cahyadi Cocok Duet di Pilgub Jatim, Tapi….


Pengamat: Khofifah-Eri Cahyadi Cocok Duet di Pilgub Jatim, Tapi…. Perbesar

SURABAYA – Langkah DPD PDI Perjuangan Jatim memulai pemetaan pemilihan gubernur (Pilgub) Jatim melalui survei menuai respons sejumlah pengamat politik. Apalagi, Plh Ketua DPD PDIP Jatim, Budi Sulistyono, memberi bocoran sejumlah temuan menarik dalam survei Pilgub Jatim, di antaranya terkait sosok potensial dari kalangan tokoh muda, struktur partai, dan tokoh perempuan.

Berdasarkan informasi yang dihimpun, ada beberapa nama tokoh muda muncul untuk berkontestasi pada Pilgub Jatim. Salah satunya adalah nama Wali Kota Surabaya Eri Cahyadi. Bahkan, sosok Eri digadang-gadang bakal mendampingi Khofifah pada Pilgub Jatim 2024 mendatang.

Menanggapi hal itu, Pengamat Politik dari Universitas Airlangga (Unair) Surabaya, Airlangga Pribadi Kusman menyebut duet Khofifah-Eri cocok layak untuk maju di Pilgub Jatim.

“Cocok (Khofifah-Eri), tapi apa Eri juga mau naik ke Jatim?,” kata Angga, sapaan akrabnya, Kamis, 6 Juli 2023.

Dia menyebut, untuk menjadi pasangan, kedua tokoh itu harus satu visi-misi di Pilgub Jatim mendatang. Sehingga diperlukan penyamaan sudut pandang dalam melihat Jatim dengan segala tantangan dan problematikanyq.

Seperti diketahui, DPD PDI Perjuangan Jawa Timur telah merampungkan survei untuk Pemilu 2024, termasuk Pemilihan Gubernur Jatim. Survei dilakukan dengan menggandeng sebuah lembaga riset independen.

Plh Ketua DPD PDIP Jatim, Budi Sulistyono, mengatakan terdapat lima kluster survei politik tersebut. Pertama, pemilu legislatif. Kedua, pemilihan presiden. Ketiga, kepuasan publik terhadap Presiden Jokowi dan Wapres KH Maruf Amin. Keempat, Pilgub Jatim. Kelima, isu-isu krusial di masyarakat.

“Hasil survei sangat detil, dan menjadi pedoman kami dalam melakukan kerja-kerja politik ke depan,” ujar Kanang, sapaan akrab Budi Sulistyono.

Terkait Pilgub Jatim, Kanang menyebut banyak temuan menarik. Survei pemetaan Pilgub yang dilakukan PDIP Jatim tidak hanya memotret elektabilitas sosok yang potensial sebagai kandidat, tapi juga banyak aspek lain yang melingkupinya. Termasuk telah dilakuka. pemetaan per wilayah dengan karakteristik perilaku politik yang berbeda-beda.

“Saya kira ada beberapa temuan yang sangat menarik di survei terkait Pilgub Jatim. Sangat rinci. Beberapa temuan survei bahkan hampir tidak pernah kita pikirkan sebelumnya,” ujar mantan bupati Ngawi tersebut.

Soal tokoh yang berpotensi sebagai kandidat, Kanang sedikit memberi bocoran. “Yang jelas untuk PDI Perjuangan, muncul nama potensial. Ada tokoh muda. Ada struktural partai di tingkat provinsi. Ada pula sosok perempuan. Tapi soal ke mana arah dukungan PDI Perjuangan, itu ranahnya DPP Partai,” ujar Kanang.

Kanang masih enggan berkomentar jauh soal Pilgub Jatim. Dia hanya menyebut beberapa temuan menarik terkait peta Pilgub Jatim akan dijadikan panduan untuk menggerakkan kerja-kerja politik dengan cara yang efektif.

“Beberapa temuan menarik soal Pilgub Jatim telah kita breakdown dengan sangat detil. Ini kita tautkan juga dengan kerja jelang pemilu legislatif dan Pilpres karena sebagian ada yang beririsan terkait temuan tersebut,” papar Kanang.

Adapun soal Pemilu Legislatif dan Pilpres, lanjut Kanang, hasil survei menunjukkan mesin pemenangan telah bekerja cukup baik, dan ke depan akan ditingkatkan. Elektabilitas PDIP maupun Ganjar Pranowo sebagai capres masih yang tertinggi di Jawa Timur. “Temuan ini senada dengan hasil banyak lembaga survei lain yang telah dipublikasikan secara luas,” ujarnya.

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 3 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Ratusan Kades di Sidoarjo Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

13 June 2024 - 19:58 WIB

Pj Bupati Bangkalan Lantik PAW Kades Labeng, Begini Pesannya

13 June 2024 - 18:00 WIB

Pj Bupati Tanggapi Prihal Anggaran Puluhan Juta untuk Foto Kopi di Dinas Pertanian Bangkalan

13 June 2024 - 09:56 WIB

Bertahun-tahun Perusahaan Pemotongan Kapal di Bangkalan Beroperasi Tanpa Izin

12 June 2024 - 14:43 WIB

Aktivis Anti Korupsi Pertanyakan Anggaran Puluhan Juta Dinas Pertanian Bangkalan untuk Apa?

12 June 2024 - 14:25 WIB

Akhir Semester Genap, Siswa SMA Al Muslim Diberikan Simulasi Tes Speaking Bahasa Inggris

11 June 2024 - 22:57 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA