Peduli Lingkungan, 1600 Relawan Bersihkan Pantai Gili Mandangin

Peduli Lingkungan, 1600 Relawan Bersihkan Pantai Gili Mandangin

SAMPANG, Lingkarjatim.com – Bersama 1600 relawan dari berbagai komunitas dan instansi, Angkatan Muda Pembaharuan Indonesia (AMPI) Sampang ikut membersihkan pantai Gili Mandangin dari sampah yang menggunung, Minggu (07/05/2017).

Mereka terdiri dari 1.000 masyarakat Gili Mandangin dan 600 dari luar Mandangin. Ke 600 relawan itu berangkat dari pelabuhan Tanglok Sampang. 50 orang diantaranya adalah dari AMPI Sampang. Mereka tiba di Gili Mandangin sekitar pukul 09.00 Wib.
Setibanya para relawan tersebut langsung menyebar membersihkan sampah.

Ketua AMPI Sampang, Agus Marzuki mengatakan, pihaknya mengikuti kegiatan tersebut karena dinilai sebuah aksi nyata peduli lingkungan. “Terutama lingkungan pesisir yang selama ini sering luput dari perhatian masyarakat. Ini juga merupakan kewajiban AMPI sebagai baktinya pada lingkungan,” ujarnya saat dihubungi, Senin (08/05/17).

Menurut Marzuki, kegiatan yang diinisiatori oleh anak muda yang peduli dengan lingkungan seperti itu harus didukung dengan tulus. “Sejak awal ada inisiatif itu saya langsung mendukung. Saya bersama kawan-kawan AMPI menyatakan bersedia jadi relawan,” imbuhnya.

Marzuki menyatakan bahwa membersihkan sampah di wilayah pesisir sangat penting untuk menjaga ekosistem laut. Namun di samping itu lanjutnya kegiatan lain sebagai pendukung kegiatan tersebut harus dilaksanakan juga. “Mudah-mudahan kami bisa mendukung melalui kegiatan lain di lokasi itu atau di tempat lain di Sampang,” pungkasnya.

Sementara Salah satu inisiator bersih-bersih pantai Gili Mandangin, Yoyonk, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada semua pihak yang terlibat, baik sebagai relawan maupun donatur dalam kegiatan bersih-bersih. ”saya rasa kegiatan ini bermanfaat lah, pasti menjadi motivasi tersendiri bagi pemuda pada umumnya,” ungkapnya (gazan/diq)

Leave a Comment