Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 26 Sep 2017 12:45 WIB ·

PDIP dan PKB Sepakat Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim


PDIP dan PKB Sepakat Usung Gus Ipul di Pilgub Jatim Perbesar

Ilustrasi koalisi PDIP dan PKB

SURABAYA, Lingkarjatim.com – PDI Perjuangan bakal berkoalisi dengan PKB di Pilgub Jatim 2018 mendatang. Bahkan, keduanya bersepakat mengusung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai Calon Gubernur Jatim (Cagub).

“Kami bersama PKB sudah searah, bahkan sekitar 90 persen PDIP bersama PKB bakal mengusung Saifullah Yusuf alias Gus Ipul sebagai cagub,” kata Sekretaris DPD PDIP Jatim, Sri Untari, dikonfirmasi, Selasa (26/9/2017).

Menurut Untari, hubungan PDIP dengan PKB merupakan hasil komunikasi di tingkat DPP. Hingga akhirnya PDIP sepakat dengan PKB untuk bersama-sama mengusung Gus Ipul sebagai Cagub. “Cagubnya dari PKB, sementara cawagubnya dari PDIP,” katanya.

Saat ini, lanjut Untari, ada empat nama kandidat cawagub yang tengah digodok DPP PDIP. Yaitu Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas, Bupati Ngawi Budi Sulistyono (kanang), Anggota DPRD Jatim Suhandoyo, dan Ketua DPD PDIP Jatim Kusnadi.

“Empat orang itu masih digodok, nanti rekomnya akan turun sepakat Cagub dan Cawagub,” kata perempuan yang juga Ketua Fraksi PDIP DPRD Jatim itu.

PDIP merupakan partai pemenang kedua di Jatim, dengan prolehan kursi di parlemen sebanyak 19 kursi. Belum memenuhi syarat untuk mengusung calon sendiri di Pilgub Jatim.

Karena itu, PDIP bakal berkoalisi dengan PKB sebagai partai pemenang di Jatim dengan 20 kursi. Kedua partai ini telah bersepakat untuk bersama mengusung Gus Ipul sebagai Cagub, yang nantinya akan berpasangan dengan cawagub dari PDIP. (Mal/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Tak Kunjung Ada Kejelasan dari Pemerintah, Pria Ini Perbaiki Jalan Rusak Pakai Uang Pribadi

24 May 2024 - 22:04 WIB

Kukuhkan Paguyuban BPD, Ini Harapan Plt Bupati Sidoarjo

23 May 2024 - 18:30 WIB

KONI Sampang Target Masuk 10 Besar di Porprov 2025

21 May 2024 - 16:22 WIB

Puluhan Wajib Pajak Air Tanah di Sampang Belum Lakukan Pembayaran

21 May 2024 - 14:25 WIB

Bawa Keranda Mayat, Jurnalis Gelar Aksi Tolak RUU Penyiaran di Depan Kantor DPRD Sampang

20 May 2024 - 13:32 WIB

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Trending di HUKUM & KRIMINAL