Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 22 May 2017 10:36 WIB ·

PDIP Bondowoso Buka Penjaringan Bacabup & Bacawabup 2018


PDIP Bondowoso Buka Penjaringan Bacabup & Bacawabup 2018 Perbesar

BONDOWOSO, Lingkarjatim.com Sejunmlah partai politik di Kabupaten Bondowoso saat ini sedang menyiapkan kader terbaiknya untuk mengikuti bursa Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) yang akan digelar secara serentak pada tahun 2018 mendatang.

Setelah DPC PKB Kabupaten Bondowoso merekomendasikan H. Achmad Dafir, S. Ap untuk maju sebagai bakal calon Bupati (Bacabup), kini giliran DPC PDIP Kabupaten Bondowoso yang juga akan mencalonkan salah satu kader terbaiknya. Bahkan partai berlambang banteng tersebut sudah melakukan penjaringan.

Sekretaris DPC PDIP Kabupaten Bondowoso, Andi Hermanto, menjelaskan bahwa hingga kini, Ketua DPC PDIP, H. Irwan Bachtiar Rahmad masih menjadi icon DPC PDIP untuk dicalonkan sebagai Bupati Bondowoso. Meski demikian, PDIP masih tetap akan mengikuti mekanisme partai dalam hal penentuan dan penjaringan calon.

“Jadi setelah Rapat kerja Nasional (Rakernas) kemarin, seluruh daerah yang akan melaksanakan Pilkada tahun 2018 untuk segera membuka pendaftaran calon baik Bupati maupun wakil Bupati. Bahkan kendati Ketua DPC PDIP pun ingin mencalonkan diri, maka dia tetap mengikuti mekanisme partai. Kami tidak mengistimewakan siapapun. Siapa saja boleh mendaftar. Kita akan membukanya dalam minggu ini,” kata Andi.

Menurut Andi, pendaftaran pencalonan ini nanti terbuka untuk siapapun baik kader maupun non kader partai. Selanjutnya, seluruh kontestan yang sudah mendaftar itu nantinya akan dilakukan uji kelayakan. “Kita juga akan melakukan survey independen untuk mengetahui elektabilitas calon, sebab elektabilitas ini juga penting mengingat hal itu akan memiliki pengaruh besar dalam perolehan suara,” katanya.

Andi menjelaskan bahwa PDIP memang tidak bisa berangkat sendirian dalam pencalonan mengingat PDIP tidak memiliki kursi yang cukup. Oleh karena itu PDIP harus berkoalisi dengan partai lain. “Ya kita memang harus berkoalisi karena kursi kita tidak cukup. Kita sedang menjajaki komunikasi dengan partai lain,” ujarnya.(lis/Nir)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 1 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Warga Temukan Mayat dengan Kondisi Terbakar

20 June 2024 - 20:40 WIB

Bangkalan Belum Aman, Seorang Perempuan Menjadi Korban Jambret di Jalan Suramadu

19 June 2024 - 21:33 WIB

Ratusan Kades di Sidoarjo Terima SK Perpanjangan Masa Jabatan

13 June 2024 - 19:58 WIB

Pj Bupati Bangkalan Lantik PAW Kades Labeng, Begini Pesannya

13 June 2024 - 18:00 WIB

Pj Bupati Tanggapi Prihal Anggaran Puluhan Juta untuk Foto Kopi di Dinas Pertanian Bangkalan

13 June 2024 - 09:56 WIB

Bertahun-tahun Perusahaan Pemotongan Kapal di Bangkalan Beroperasi Tanpa Izin

12 June 2024 - 14:43 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA