Pasca PKD, PAC GP Ansor Batang-Batang Siap Gelar Diklatsar Banser

PKD PAC GP Ansor Batang-Batang

SUMENEP, Lingkarjatim.com – Pimpinan Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Batang-Batang baru saja menggelar Pelatihan Kepemimpinan Dasar (PKD) untuk rekrutmen kader baru pada tanggal 18-19 Juli 2019 di Yayasan Nurul Jadid, Batang-Batang Daya, Sumenep.

Usai PKD, PAC Ansor Batang-Batang kini fokus pada persiapan Pendidikan Latihan Dasar (Diklatsar) Banser yang rencananya akan diselenggarakan dalam waktu dekat. 

Hal ini disampaikan Abd. Sukkur Rahman, Ketua PAC. GP. Ansor Batang-Batang, usai penutupan PKD, Jumat (19/7). Menurutnya, Diklatsar Banser diharapkan menambah kekuatan personil Banser yang selama ini banyak dibutuhkan di masyarakat luas.

“Alhamdulillah, PKD Ansor Batang-Batang sudah terlaksana dengan baik dan sukses, setelah ini kami akan fokus pada persiapan Diklatsar Banser yang rencananya akan dilaksanakan dalam waktu dekat ini,” terangnya.

Pria yang akrab disapa Abd. Sukkur ini menegaskan, bahwa beberapa minggu sebelum PKD pihaknya telah membicarakan rencana Diklatsar dalam acara rapat pengurus. Banyaknya pemuda yang ingin aktif sebagai anggota Banser di Kecamatan Batang Batang membuatnya terdorong untuk segera melakuan rekrutmen melalui Diklatsar Banser.

“Banyak pemuda di Batang Batang yang ingin aktif sebagai anggota Banser. Tentu saja ini menjadi motivasi tersendiri bagi kami untuk segera mengadakan Diklatsar Banser,” imbuhnya.

Disamping itu, lanjutnya, keberadaan Banser selalu dibutuhkan di tengah-tengah masyarakat. Bahkan tidak jarang, personil Banser harus dibagi tugas karenanya banyaknya kegiatan yang bersamaan, baik di kecamatan Batang Batang sendiri, maupun kegiatan diluar kecamatan.

“Alhamdulillah, selama ini, setiap kali Banser dibutuhkan di acara-acara yang diselenggarakan warga selalu hadir. Bahkan tidak  jarang personil Banser harus dibagi tugas ketika acara satu dan lainnya berbenturan. Karena itu, kami merasa sangat perlu untuk segera mengadakan Diklatsar untuk tambahan personil Banser,” jelas mantan aktifis IAIN Sunan Ampel Surabaya ini.

Menurutnya, banyaknya pemuda yang mau bergabung sebagai anggota Banser di Batang Batang tersebut, besar kemungkinan, Diklatsar Banser akan diadakan sendiri oleh PAC. Ansor Batang-Batang. Meski demikian, pihaknya juga akan membuka pendaftaran untuk peserta diluar Batang Batang.

“Sebenarnya dalam kegiatan Diklatsar ini, biasanya kita adakan bersama dalam satu zona. Tapi di tahun 2019 ini, dengan banyaknya calon anggota Banser, insya Allah PAC. GP. Ansor Batang Batang menyelenggarakan sendiri, dengan target peserta minimal 50 orang,” jelasnya. (Lam/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here