Pasca Jembatan Suramadu Gratis, Pemprov Akan Jadikan Pelabuhan Destinasi Wisata Bahari

Pelabuhan Kamal

SURABAYA, Lingkarjatim.com – Jembatan Surabaya-Madura (Suramadu) telah resmi gratis atau menjadi jalan umum. Meski demikian, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Jawa Timur tetap akan membuka jalur laut yakni Pelabuhan Ujung di Surabaya dan Pelabuhan Kamal di Bangkalan, Madura.

“Jadi pelabuhan tidak akan ditutup, karena masih ada kapal feri yang beroperasi. Justru pelabuhan itu akan kita manfaatkan sebagai salah satu destinasi wisata bahari di wilayah setempat,” kata Kepala Dinas Perhubungan (Kadishub) Jatim, Fattah Jasin, Jumat (2/11).

Dengan digratiskannya Jembatan Suramadu, sempat dikhawatirkan jalur laut melalui Pelabuhan Tanjung Perak Surabaya dan Pelabuhan Kamal Bangkalan ditutup. Mengingat volume jalur laut terancam sepi.

“Penumpang kapal feri masih tetap ada, meski volumenya tidak seperti saat Jembatan Suramadu belum dibangun, bahkan termasuk saat tiket kendaraan roda empat mencapai Rp30 ribu,” katanya.

Fattah berulangkali menegaskan bahwa Pemprov Jatim tidak akan menutup pelabuhan tersebut. Sebab, kata dia, masyarakat juga masih berminat naik kapal feri sambil menikmati pemandangan laut.

“Pemprov sudah bertemu dengan Gabungan Pengusaha Nasional Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (Gapasdap) serta Angkutan Sungai, Danau dan Penyeberangan (ASDP) untuk mencari alternatif agar aktivitas di Ujung-Kamal tetap berjalan nurmal seperti biasa,” ujarnya.

Sementara itu, potensi wisata bahari di Selat Madura sangat besar karena wisatawan bisa mendapat kesempatan berlayar sambil berfoto dengan latar Jembatan Suramadu, seperti yang selama ini dilakukan oleh beberapa perusahaan di sana.

Menggunakan kapal wisata, wisatawan dapat mengabadikan Jembatan Suramadu melalui laut, melihat dari dekat Patung Jalesveva Jayamahe, kemudian menyaksikan aktivitas kapal-kapal yang bersandar di dermaga-dermaga Tanjung Perak dan sekitarnya.

Seperti diketahui, bahwa Presiden Jokowi meresmikan jembatan Suramadu menjadi jalan non tol alias jalan umum pada, Sabtu, 27 Oktober 2018. Salah satu pertimbangan jembatan Suramadu digratiskan, adalah keberadaan jembatan Suramadu selama ini dinilai belum mampu mengurangi ketimpangan kemiskinan di Madura. (Mal/Lim)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here