Pangdam V Brawijaya; Lonjakan Kasus Positif Covid-19 di Bangkalan Belum Tentu Disebabkan Varian Baru

BANGKALAN, Lingkarjatim.com – Pangdam V Brawijaya Mayjen TNI Suharyanto menyatakan lonjakan kasus positif covid-19 yang terjadi diBangkalan dalam beberapa hari terakhir belum tentu dikarenakan virus varian baru.

Meski menurutnya, covid-19 varian baru baik dari Inggris maupun dari Afrika sudah terdeteksi dan tersebar di seluruh wilayah Indonesia termasuk di Jawa Timur.

“Memang sudah terdeteksi, tapi belum ada yang bisa memastikan bahwa lonjakan kasus positif covid-19 di Bangkalan ini disebabkan oleh virus varian baru itu,” ujarnya, saat meninjau persiapan vaksinasi massal yang akan dilaksanakan di Kabupaten Bangkalan dalam waktu dekat ini, bersama Kapolda Jawa Timur Irjen Nico Afinta di Pendopo Agung Bangkalan, Rabu (09/06/2021).

Dia menjelaskan, virus varian baru itu terdeteksi di Pekerja Migran Indonesia (PMI) yang pulang ke Indonesia. Namun pihaknya mengaku sudah melakukan langkah-langkah untuk mengantisipasi itu.

“Kami sudah melakukan 3T (testing, tracking dan treatment) terhadap PMI itu, termasuk penyekatan di Suramadu itu juga bagian dari testing yang kami terapkan,” jelasnya.

Sementara Bupati Bangkalan R Abdul Latif Amin Imron menghimbau agar masyarakat membantu pemerintah untuk mencegah penyebaran covid-19 ini dengan cara mematuhi protokol kesehatan.

“Kami harap masyarakat khususnya PMI bisa menerapkan protokol kesehatan agar penyebaran covid-19 ini bisa dihentikan,” singkatnya. (Moh Iksan)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here