Mudik Lebaran, Penumpang Kapal DBS I ke Pulau Kangean Melebihi Muatan

Foto : Warga mulai bersiap naik kapal DBS 1 di Pelabuhan Kalinget Sumenep.

SUMENEP, Lingkarjatim.com – Setelah tertunda satu hari lamanya akhirnya Kapal Dharma Bahari Sumekar DBS I, kapal mudik gratis yang disiapkan Pemrov Jatim berangkat ke Pulau Kangean, Sumenep Madura Jawa Timur. Selasa 20 Juni 2017 dengan jumlah penumpang yang melebihi kapasitas.

Pantauan dilokasi, kapal DBS I yang berangkat sekitar pukul 06.30 WIB dari pelabuhan Kalianget langsung diserbu ratusan penumpang, karena didalam dek kapal sudah penuh sebagian penumpang rela berdiri di atas dek kapal, padahal itu sangat berbahaya bagi keselamatan.
Salah seorang penumpang kapal asal Pulau Kangean, Moh. Saleh mengatakan, soal keselamatan itu urusan belakangan yang terpenting dirinya sampai ke kampung halamannya.
“Tidak ada pilihan lain selain berdesak-desakan seperti sekarang ini, ini begini juga karena pemerintah tidak serius mengurusi transportasi laut ke kepulauan,” ucapnya, Selasa (20/6/17)
Menurutnya sesuai aturan dalam manifes kapal muatan maksimal berjumlah 360 orang, namun kali ini karena musim lebaran penumpang yang diangkut lebih dari 400 orang.
“Makanya itu banyak penumpang yang berdiri diatas dek kapal,” terangnya.
Kepala Syahbandar Pelabuhan Kalianget, Moh. Iksan mengatakan tidak ada pilihan lain kecuali memberangkatkan kapal pada hari ini, karena jika tidak segera berangkat akan berakibat lain.
“Semoga semuanya selamat tidak terjadi apa-apa dan sampai ke kampung halamannya masing-masing,” harapnya. (lam/nir)

Leave a Comment