Menu

Mode Gelap

LINGKAR UTAMA · 23 Sep 2017 22:20 WIB ·

Meski Rumah Sudah Reot, Mbah Sumi Tolak Tawaran Bedah Rumah


Meski Rumah Sudah Reot, Mbah Sumi Tolak Tawaran Bedah Rumah Perbesar

Mbah Sumi dan rumah reotnya

TRENGGALEK, Lingkarjatim.com – Bertempat Tinggal di RT. 05 RW. 01 Desa Sumberejo Kec. Durenan Trenggalek, Mbah Sumi telah mengajarkan arti sebuah kehidupan kepada kita. Kendati dengan kondisi yang sangat serba kekuarangan perempuan berumur senja itu menerima apa yang telah menjadi haknya.

Hal itu sangat berbeda dengan masyarakat pada umumnya, Ketika yang lain pada berebut mendapatkan bantuan dengan berpura-pura jadi orang miskin. Bahkan yang kaya masih ingin menambah kekayaannya, berbeda jauh dengan Mbah Sumi yang justru enggan menerima bantuan.

Walaupun kondisi rumahnya yang tak layak dan sudah reot, Mbah Sumi malah justru menolak tawaran dari pasukan Pink. Bahkan Mbah Sumi berhak mendapat fasilitas dan Bantuan Bedah Rumah KIS. Anehnya Mbah Sumi yang sehari hari menjadi pemulung dan terkadang meminta minta itu justru menolak dengan halus.

Biasanya ketika ada Bantuan dari pemerintah banyak yang mengaku miskin bahkan menyembunyikan harta kekayaannya agar bisa terdaftar sebagai warga miskin, dengan harapan bisa mendapatkan jatah bantuan dari pemerintah.

Kondisi itu mendapat tanggapan dari M Shoim salah satu Alumni Pengembangan Masyarakat (PM). Ia memuji sikap Mbah Sumi sebab Tidak semua orang miskin itu merasa miskin karena hal itu merupakan masalah mental. Menurutnya bisa jadi mentalnya diasah dengan agama yang kuat. Bahkan selama ini yang sering dijumpai yang meminta dan mengharap bantuan orang yang berada.

“Bagus itu, patut kita ambil pelajaran dari Mbah Sumi ini karena kita semua tidak memiliki mental yang seperti beliau, apalagi mental penjilat, jangan sampai itu terjadi,” Ujarnya, Minggu (24/09/2017). (Zan/Lim)

Facebook Comments Box
Artikel ini telah dibaca 0 kali

badge-check

Penulis

Baca Lainnya

Naas, Pengendara Sepeda Motor Tewas Dilindas Truk Trailer di Sidoarjo

17 May 2024 - 16:40 WIB

Ratusan Jamaah Haji Akan Segera Diberangkatkan, Kasi Haji dan Umroh Kemenag Bangkalan Berpesan Dua Hal Ini

17 May 2024 - 15:42 WIB

Pj Bupati Tegaskan Bahwa Tidak Ada Fee Apapun di Bangkalan, Jika Ada …..

17 May 2024 - 14:26 WIB

Plt Bupati Sidoarjo Target Job Matching Mampu Menekan angka Pengangguran

16 May 2024 - 17:21 WIB

KPU Bangkalan Lantik 90 Anggota PPK untuk Pilkada 2024

16 May 2024 - 17:18 WIB

DPRD Bangkalan Tetapkan Raperda Fasilitasi Pesantren, Begini Isinya

15 May 2024 - 18:36 WIB

Trending di LINGKAR UTAMA